Klaim Pengangguran AS Meningkat Dua Kali Lipat jadi 6,65 Juta Orang

Agustiyanti
2 April 2020, 22:11
pengangguran, amerika serikat, pandemi corona, virus corona, resesi ekonomi.
ANTARA FOTO/REUTERS/Jorge Cabrera/aww/cf
Ilustrasi. Amerika Serikat memiliki 214 ribu kasus positif virus corona, tertinggi di dunia.

Jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim untuk tunjangan pengangguran melesat ke rekor tertinggi pada pekan lalu mencapai 6 juta orang. Kenaikan ini terjadi seiring banyaknya yuridiksi AS yang meminta warga untuk tetap di rumah demi menekan penyebaran virus corona.

Laporan klaim pengangguran mingguan pada Kamis (2/4) yang dirilis Departemen Tenaga Kerja memperkuat pandangan para ekonom bahwa ledakan lapangan kerja terpanjang sejarah AS yang terjadi dalam periode Presiden Donald Trump akan berakhir pada Maret.

Advertisement

Klaim tunjangan pengangguran meningkat 3,34 juta orang dalam sepekan menjadi 6,65 juta orang pada pekan terakhir Maret. 

"Mirip dengan angka klaim pengangguran minggu lalu, laporan hari ini mencerminkan pengorbanan yang dibuat pekerja Amerika untuk keluarga, tetangga, dan negara mereka guna memperlambat penyebaran Covid-19," kata Sekretaris Buruh AS Eugene Scalia dalam sebuah pernyataan dikutip dari Reuters.

Amerika Serikat memiliki 214 ribu kasus positif virus corona, tertinggi di dunia. Sementara korban meninggal mencapai lebih dari 5.000 orang.

(Baca: Peneliti AS Kembangkan Aplikasi Pendeteksi Corona Lewat Analisis Suara)

Klaim tunjangan pengangguran pernah memuncak pada selama resesi 2007-2009 akibat 8,7 juta orang kehilangan pekerjaan. Ekonom mengatakan pemerintah AS harus bersiap klaim pengangguran akan terus meningkat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement