HIPMI Usul Pemerintah Bentuk Gugus Tugas Ekonomi Lawan Dampak Covid-19

Image title
2 April 2020, 17:56
Hipmi, pandemi corona, virus corona, covid-19, gugus tugas ekonomi
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Ilustrasi. Hipmi menilai situasi perekonomian semakin memburuk akibat penyebaran virus corona.

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia mengusulkan pemerintah membentuk tim gugus tugas ekonomi terkait pandemi virus corona. Ini bertujuan untuk memastikan kebijakan ekonomi pemerintah dalam melawan sebaran virus Covid-19 berjalan efektif dan berhasil.

Sekretaris Jenderal Badan Pengurus Pusat HIPMI Bagas Adhadirgha menjelaskan situasi perekonomian semakin memburuk akibat penyebaran virus corona. Untuk itu, diperlukan gugus tugas ekonomi untuk mengawasi kebijakan pemerintah dan realisasinya di lapangan, serta berkoordinasi dengan pemerintah darah.

Advertisement

"Demi memperlancar agar ini bisa secara cepat berjalan dan dirasakan oleh masyarakat, HIPMI mengusulkan pembentukan Gugus Tugas Ekonomi terkait Covid-19 ini dan diiringi dengan pusat layanan sehingga masyarakat dapat mengakses layanan yang ada," ujar Bagas, seperti keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (1/4/2020).

(Baca: Perdagangan Terdampak Corona, Sandiaga Usul Paket Ekonomi ‘Antivirus’)

Bagas juga berharap DPR segera menyetujui Perppu No.1 Tahun 2020 tentang kebijakan keuangan negara dan stabilitas sistem keuangan di tengah pandemi corona. Ini lantaran perppu tersebut memiliki poin-poin penting kebijakan pemerintah terutama stimulus menghadapi wabah ini, serta pelebaran defisit anggaran.

"Melebarkan defisit di atas 3 persen dan dukungan perekonomian sudah tepat. Kelas atas diberikan penghapusan pajak dan keringanan di sektor perbankan, kelas menengah ke bawah diberikan dukungan perlindungan sosial, penghapusan biaya listrik," kata dia. 

Setelah memastikan kebutuhan masyarakat terjamin, Bagas menilai pemerintah dapat melakukan karantina jika dibutuhkan untuk mencegah penyebaran wabah. Namun, ini juga harus diiriing dengan pelaksanaan test Covid-19 secara massal. 

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement