Omzet KFC dan McD Merosot di Tengah Pembatasan Sosial Pandemi Corona

Rizky Alika
1 April 2020, 20:17
KFC, MCD, pandemi corona
Katadata | Arief Kamaludin
Ilustrasi. KFC mengalami penurunan penjualan selama pandemi corona.

Pandemi virus corona turut memengaruhi penjualan di restoran cepat saji. PT Fast Food Indonesia Tbk yang menjadi pemegang hak waralaba KFC dan PT Rekso Nasional Food yang menjadi pemegang hak waralaba McDonald's mengatakan ada penurunan jumlah pnegunjung pada gerai seiring dengan anjuran bekerja dari rumah.

"Pasti semua bisnis mengalami penurunan tajam karena tidak ada traffic yang cukup pada layanan dine-in," kata Direktur PT Fast Food Indonesia Justinus Dalimin, kepada katadata.co.id, Rabu (1/4).

Advertisement

Saat ini, KFC tetap membuka layanan makan ditempat pada gerai yang berdiri sendiri dan gerai yang berada dalam pusat belanja yang masih dibuka. Selain itu, KFC juga melayani pemesanan melalui ojek online, layanan di bawa pulang atau take away, dan layanan antar atau delivery. Adapun, jam operasional setiap gerai akan bergantung dengan peraturan di setiap daerah.

Meski begitu, Justinus mengatakan pemesanan melalui ojek online, take away, dan delivery tidak bisa mengkompensasi penurunan pengunjung yang juga berdampak pada penurunan omzet. Ia pun enggan menyebutkan jumlah penurunan pengunjung dan omzet yang dialami KFC.

(Baca: Genjot Transaksi Digital, Bank Mandiri Gratiskan Top Up Saldo GoPay)

Setali tiga uang, McD juga mengalami penurunan penjualan seiring dengan pembatasan waktu operasional layanan take away, drive thru, dan McDelivery. Selain itu, McD juga menutup layanan makan di tempat.

"Namun kami tidak dapat memerinci berapa besar penurunan jumlah konsumen yang datang," kata Associate Director of Communications McDonald's Indonesia Sutji Lantyka.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement