Mantan Menteri Perindustrian Era Soeharto Bob Hasan Meninggal Dunia

Bob Hasan meninggal dunia pada usia 89 tahun akibat penyakit kanker.
Image title
31 Maret 2020, 13:45
Bob hasan, mantan menteri perindustrian era soehargo, ketua PB PASI, Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia ini, tokoh meninggal dunia
Situs PB PASI
Bob Hasan (kiri) meninggal dunia akibat kanker pada Selasa (31/3).

Mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan era Presiden Soeharto, Mohammad Hasan meninggal dunia pada hari ini, Selasa (31/3).  Pria yang akrab disapa Bob Hasan ini menutup usia akibat penyakit kanker.  

Kabar meninggalnya Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia ini  awalnya diketahui melalui pesan instan berantai. "Telah meninggal dunia Bapak Bob Hasan karena sakit pada Selasa, 31 Maret 2020 Pukul  11.00 WIB. Semoga  mendapatkan tempat yang terbaik disisi Tuhan. Mohon dimaafkan segala kesalahannya," tulis pesan yang diterima Katadata.co.id, Selasa (31/3).

Dikonfirmasi, Humas PB PASI Hendri Firzani membenarkan kabar tersebut. "Iya betul, meninggal dunia. Beliau sudah tiga bulan di rawat karena kanker," kata Hendri. 

(Baca: Sebabkan Kematian Penderita Virus Corona, Apa itu Badai Sitokin?)

Advertisement

Sekjen PASI Tigor Tanjung mengatakan, Bob Hasan meninggal di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat. Ia sudah lama bertarung melawan kanker, yang sudah menyebar ke sejumlah bagian tubuhnya terutama paru-paru.  "Dengan usianya yang sudah cukup lanjut sehingga cukup berat perjuangannya," kata Tigor dalam pesannya yang diterima Katadata.co.id.

Bob Hasan meninggal dunia di usia 89 tahun. Almarhum rencananya akan disemayamkan di Ungaran, Semarang, pada Rabu (1/4). 

Selama menjadi Ketua Umum PB PASI sejak 2008, Bob Hasan banyak menciptakan atlet-atlet yang handal. Ada 100 atlet remaja putra-putri yang didapat dari hasil pencarian bakat di daerah untuk dimasukkan ke pusat pelatihan nasional. Salah satu yang didapat dari hasil pencarian bakat di Jayapura ialah atlet asal Nusa Tenggara Barat Lalu Muhammad Zohri.

(Baca: Daftar Terbaru 132 Rumah Sakit Rujukan Virus Corona)

Zohri berhasil mengharumkan nama bangsa, dengan meraih medali emas Kejuaraan Dunia atletik U-20 pada 11 Juli 2018 di Tampere, Finlandia.

Bob Hasan juga terkenal sebagai pengusaha di bidang industri kayu. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan Indonesia pada era Presiden Soeharto dalam Kabinet Pembangunan VII.

Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Editor: Agustiyanti
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait