Pemda Jakarta akan Setop Operasional Bus AKAP Cegah Penyebaran Corona

Image title
30 Maret 2020, 18:27
penyebaran corona, covid-19, virus corona, bus akap, pemda dki Jakarta
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melarang sementara operasional bus antarkota antarprovinsi (AKAP), bus antar jemput antarprovinsi (AJAP), dan bus pariwisata di Ibukota mulai Senin (30/3) pukul 18.00 WIB hingga batas waktu yang belum ditentukan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menghentikan  sementara operasional bus antar kota antar provinsi atau AKAP dan pariwisata guna mencegah penyebaran virus corona ke daerah lain. Renacana tersebut telah ditindaklanjuti oleh Dinas Perhubungan dengan mengeluarkan surat edaran kepada pihak-pihak terkait

Dalam surat yang ditandatangani oleh Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo dijelaskan bahwa penghentian operasional bus AKAP dan pariwisata ke seluruh provinsi di Indonesia dimulai sejak Senin (30/3) pukul 18.00 WIB. Bagi para perusahaan operasional yang nekat untuk beroperasi akan dikenakan sanksi.

Saat dikonfirmasi Katadata.co.id, Syafrin membenarkan surat edarantersebut. Kendati demikan, pelaksanaan aturan itu akan ditunda lantaranmenunggu keputusan dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek.

"Menunggu surat dari BPTJ. Kalau suratnya keluar besok ya kami akan eksekusi besok," kata dia kepada Katadata.co.id, Senin (30/3).

(Baca: Berkaca Kegagalan Negara Lain, Pemerintah Tak akan Terapkan Lockdown)

Menurutnya, rencana penghentian operasional ini belum final lantaran belum ada aturan yang jelas terkait larangan Lebaran tahun ini. Oleh karena itu, masyarakat diminta menunggu perkembangan kebijakan selanjutnya yang akan diambil pemerintah tanpa harus meninggalkan ibu kota.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...