Pengusaha Kucurkan Rp 10 Miliar ke PMI Bantu Penanganan Corona

Bantuan dana Rp 10 miliar diberikan Kadin dan Apindo kepada PMI guna membantu penanganan virus corona.
Image title
27 Maret 2020, 18:09
pandemi corona, kadin, virus corona, apindo
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Gudang logistik PMI untuk penanganan Covid-19. Pengusaha yang tergabung dalam Kadin dan Apindo mengucurkan bantuan Rp 10 miliar kepada PMI untuk penanganan virus corona.

Kamar Dagang dan Industri Indonesia bersama Asosiasi Pengusaha Indonesia menyalurkan dana sebesar Rp 10 miliar ke Palang Merah Indonesia guna membantu penanganan virus corona. Penyerahan dilakukan oleh Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani kepada Ketua PMI Jusuf Kalla

“Ini hasil donasi dari Apindo, asosiasi, dan perusahaan di bawah naungan Kadin yang tergabung dalam inisiatif Pengusaha Peduli NKRI,” kata Ketua Kadin Rosan P. Roeslani di Markas Pusat PMI, Jakarta, Jumat (27/3).

Dalam kesempatan tersebut, Rosan mengingatkan kepada semua pengusaha untuk tidak memikirkan kepentingan pribadi. Uluran tangan pengusaha dibutuhkan oleh masyarakat luas, terutama yang terdampak virus corona. 

(Baca: Pandemi Corona Menjalar ke Negara Miskin, Risiko Lebih Besar Mengintai)

Advertisement

Para pengusaha dapat membantu meringankan beban pemerintah dengan berbagai cara, tak hanya sebatas sumbangan dalam bentuk nominal. “Apapun bisa dilakukan untuk meringankan pemerintah mencegah penyebaran Covid-19, lakukanlah” katanya.

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla menyebut pihaknya saat ini fokus pada upaya pencegahan virus corona melalui edukasi kepada masyarakat.  PMI kini rutin menyemprotkan disinfekatan ke sejumlah area-area publik seperti rumah ibadah, sekolah, dan perkantoran publik.

Selain itu, PMI juga telah membangun gudang darurat sebagai tempat sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam penanganan Covid-19. "Bantuan ini akan mendukung upaya PMI dalam membantu masyarakat menghadapi Covid-19," kata JK.

(Baca: Bantuan Tunai Dinilai Lebih Efektif jadi Stimulus Atasi Dampak Corona)

Sebelumnya, Yayasan Kemanusian Kadin Indonesia juga telah menyerahkan bantuan berupa 5 ribu unit peralatan uji cepat atau rapid test kit pada Rabu (24/3) lalu melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara.

Yayasan Kemanusiaan Kadin Indonesia pun masih membuka penyaluran bantuan bagi pengusaha yang ingin berpatisipasi ke  nomor rekening 070 00 099 6566 1 di Bank Mandiri kantor cabang Jakarta Plaza Mandiri atau Kadin Indonesia (Yayasan Kemanusiaan) di BCA KCU Kuningan dengan nomor 217 8777 209 (IDR) dan 217 8777 233 (USD).

Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait