Rapid Test Akan Diutamakan untuk Tenaga Medis & Warga Zona Rawan

Rizky Alika
24 Maret 2020, 14:13
Jokowi, tenaga medis, wabah virus corona, covid-19, pandemi corona, rapid test
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo menekankan bahwa prioritas pengunaan rapid test ditujukan kepada tenaga medis.

Pemerintah telah melakukan uji cepat atau rapid test untuk mendeteksi infeksi virus corona. Presiden Joko Widodo meminta rapid test diutamakan untuk tenaga medis dan masyarakan di zona rawan wabah Covid-19.

"Presiden menekankan bahwa prioritas pengunaan rapid test ditujukan kepada tenaga medis. Begitu pula masyarakat yang berada di zona rawan," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dalam video conference, Jakarta, Selasa (24/3).

Rapid test dilakukan dengan mengambil sampel darah untuk diuji imunoglobulinnya. Pemeriksaan ini disebut lebih cepat dibanding test swab yang selama ini digunakan.

Orang yang mendapatkan hasil rapid test yang positif akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan molekuler, yaitu polymerase chain reaction atau PCR. Bila hasil PCR positif, pasien dinyatakan terinfeksi corona.

(Baca: Rapid Test Dimulai, Pemerintah Temukan Kasus Baru Positif Corona)

Doni mengatakan, tenaga medis merupakan pihak yang paling rentan terpapar virus corona. Selain itu, tenaga medis juga menjadi pihak yang terdepan dalam menangani pasien terinfeksi virus corona.

Di sisi lain, sejumlah masyarakat di wilayah rawan telah dinyatakan positif tertular virus corona. Oleh karena itu, mereka perlu diprioritaskan untuk mendapatkan rapid test.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...