Jokowi Puji Anies dan 3 Kepala Daerah soal Edukasi Penanganan Corona

Jokowi memuji Anies Baswedan, Khofifah Indar Parawansa, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil dalam memberikan sosialisasi dan edukasi terkait virus corona.
Dimas Jarot Bayu
13 Maret 2020, 18:03
jokowi, virus corona, pandemi corona, covid-19
ANTARA FOTO/izaac mulyawan
Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah terus melalukan koordinasi lintas kementerian maupun dengan pemerintah daerah terkait penanganan virus corona.

Presiden Joko Widodo memuji langkah sejumlah kepala daerah yang memberikan sosialisasi dan edukasi terkait penanganan virus corona kepada masyarakat. Beberapa kepala daerah tersebut, antara lain Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Menurut Jokowi, keempatnya telah memberikan penjelasan yang baik kepada masyarakat terkait Covid-19. "Saya ingin memberikan apresiasi terhadap daerah-daerah yang mampu memberikan penjelasan yang baik, edukasi ke masyarakat," kata Jokowi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (13/3).

 (Baca: Kasus Positif Corona di Indonesia Meroket Dua Kali Lipat jadi 69 Orang)

Pemerintah pusat saat ini terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait penanganan wabah tersebut. Hal ini juga dilakukan secara lintas kementerian/lembaga.

Selama dua bulan terakhir, Jokowi  telah mengadakan satu kali rapat paripurna terkait penanganan Covid-19. Pemerintah juga telah mengadakan lima kali rapat terbatas hanya untuk membahas masalah tersebut.

“Rapat internal sehari bisa dua sampai tiga kali, khusus mengenai virus corona ini,” kata Jokowi.

Advertisement

(Baca: Hadapi Corona, Sri Mulyani Bebaskan Bea Masuk Obat hingga Bahan Vaksin)

Kepala Negara mengatakan, pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan negara-negara tetangga. Jokowi mengaku sudah berkomunikasi dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong pada tiga hari lalu.

Nanti sore, Jokowi akan berkomunikasi dengan Direktur Jenderal WHO untuk mendapatkan informasi mutakhir terkait penanganan Covid-19. “Serta kami informasikan apa yang telah kami kerjakan,” ucap Jokowi.

Saat ini  total kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 69, naik dua kali lipat. Dari jumlah tersebut, tiga pasien meninggal dunia.

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait