Sempat Terkendala Rig, Pengeboran Sumur Blok Nunukan Mundur Lagi

Pengadaan rig sempat menjadi kendala bagi PHE untuk mengebor sumur eksplorasi di Blok Nunukan yang dijadwalkan pada Maret 2020.
Image title
10 Maret 2020, 17:52
sumur ekspolrasi, pengedaan rig, pertamina hulu energi, phe, blok nunukan
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Ilusrasi. Pertamina Hulu Energi kini telah merampungkan pengadaan rig untuk mengebor sumur eksplorasi di Blok Nunukan.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas menyebut rencana pengeboran sumur eksplorasi di Blok Nunukan bakal kembali meleset dari target yang dijadwalkan pada Maret tahun ini. Meski Pertamina Hulu Energi selaku operator blok tersebut telah menyelesaikan pengadaan peralatan rig, mereka masih menunggu penyelesaian sejumlah paket pekerjaan jasa. 

 

Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno menjelaskan PHE semula menjadwalkan pengeboran di Blok Nunukan dapat terealisasi pada tahun lalu. Namun lantaran terkendala rig, rangkaian kegiatan pengeboran di Blok tersebut akhirnya di geser pada Maret tahun ini. 

"Agak mundur lagi  karena perlu waktu, untuk medapatkan services yang dibutuhkan," ujar Julius kepada Katadata.co.id, Selasa (10/3).

Advertisement

(Baca: Dampak Turunnya Harga Minyak, SKK Migas Bakal Revisi Program Hulu)

Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H. Samsu menjelaskan, pengadaan peralatan rig pengeboran untuk Blok Nunukan diakui cukup sulit. Meski demikian, pihaknya akan proaktif agar pengeboran dapat tetap direalisasikan pada tahun ini. 

"Di Nunukan itu, rig itu sangat langka. Tapi tahun ini, kami lebih proaktif sehingga insyallah target pengeboran on time," ujar Dharmawan.

Selain pengeboran satu sumur eksplorasi di Blok Nunukan, PHE juga berencana mengebor lima sumur eksplorasi lainnya pada tahun ini.

(Baca: Pertamina Ambil Alih Tahun Depan, Produksi Blok Rokan Turun 13%)

Sebelumnya, Direktur Eksplorasi PHE Abdul Mutalib Masdar mengatakan perusahaan akan mengebor sumur eksplorasi di Blok North Sumatera Offshore (NSO) sebanyak dua sumur, Blok Nunukan sebanyak dua sumur, Blok Angursi satu sumur, dan Blok Offshore Southeast Sumatra (OSES) sebanyak satu sumur.

PHE semula ditargetkan akan memulai pengeboran eksplorasi di Blok Nunukan pada Maret 2020. Sedangkan, pengeboran di Blok OSES akan dimulai pada pertengahan tahun ini. Selain pengeboran sumur eksplorasi, PHE juga berencana mengebor 51 sumur pengembangan, dan 50 sumur work over.

Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Agustiyanti
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait