Obral Tiket Pesawat Imbas Corona, Jakarta-Yogyakarta Mulai Rp 300 Ribu

Agustiyanti
1 Maret 2020, 12:35
Calon penumpang pesawat berada di area terminal keberangkatan Bandara Internasional Kualanamu, di Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (11/7/2019). Pemerintah resmi menurunkan tarif pesawat udara dalam bentuk diskon sebesar 50 persen dari Tarif Batas Atas
ANTARA FOTO/IRSAN MULYADI
Ilustrasi. Sesuai keputusan pemerintah, skema pemberian potongan harga tiket ke 10 destinasi wisata dilaksanakan selama 3 bulan ke depan, mulai tanggal 1 Maret hingga 31 Mei 2020.

Maskapai penerbangan memberikan diskon tiket pesawat hingga 50% mulai hari ini, Minggu (1/3), seiring permintaan pemerintah guna mendorong pariwisata yang tengah lesu terimbas wabah virus corona. Harga tiket pesawat Jakarta-Yogyakarta dibanderol mulai Rp 313 ribu untuk sekali jalan. 

Berdasarkan pantauan katadata.co.id di situs agen perjalanan online Traveloka dan Tiket.com,  harga tiket pesawat sebaliknya atau Yogyakarta-Jakarta juga dibanderol mulai Rp 313 ribu. Harga tersebut tertera untuk penerbangan  tanggal-tanggal tertentu pada Maret hingga Oktober 2020. 

Kemudian, harga tiket Jakarta-Bali dibanderol mulai Rp 533 ribu, sedangkan penerbangan sebaliknya mulai Rp 568 ribu. Sementara harga tiket Jakarta-Lombok dan sebaliknya ditawarkan mulai Rp 600 ribu sekali jalan.

Harga tersebut berlaku untuk penerbangan tanggal-tanggal tertentu terutama pada Maret dan April. Sementara di bulan lainnya, rata-rata harga tiket baik ke Bali maupun Lombok dibanderol di atas Rp 700 ribu. 

Adapun harga tiket Jakarta-Medan dijual mulai dari Rp 661 ribu dan rute sebaliknya Rp 694 ribu. Harga ini sebagian besar tersedia untuk penerbangan mulai bulan ini hingga September. 

(Baca: Insentif Diskon Tarif Pesawat 50% Berlaku Mulai Besok, 1 Maret)

Lalu harga tiket Jakarta-Labuan Bajo penerbangan langsung untuk sekali jalan dibanderol mulai Rp 1,08 juta, sedangkan penerbangan sebaliknya bahkan dijual mulai Rp 837 ribu. Harga tiket termurah itu ditawarkan untuk penerbangan tanggal-tanggal tertentu di bulan ini. 

Padahal, harga tiket penerbangan langsung ke daerah tujuan wisata di Nusa Tenggara Timur itu sebelumnya  rata-rata dibanderol di atas Rp 1,5 juta untuk sekali jalan.

Harga tiket pesawat untuk destinasi lainnya, yakni Jakarta-Manado dibanderol mulai Rp 937 ribu, sedangkan rute sebaliknya Rp 932 ribu. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...