Evakuasi WNI Kru Kapal Princess Diamond akan Gunakan Pesawat Komersial

Rizky Alika
27 Februari 2020, 15:51
evakuasi wni, diamond princess, pesawat komersial, virus corona
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Ilustrasi. Pesawat berbadan besar dipilih agar proses evakuasi WNI kru Kapal Diamond Princess dari Jepang ke Indonesia tak memerlukan proses transit.

Pemerintah bakal mengevakuasi warga negara Indonesia dari kapal pesiar Diamond Princess di Jepang dalam satu atau dua hari ke depan. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebut evakuasi para WNI dari salah satu pusat lokasi penyebaran virus corona itu akan dilakukan menggunakan pesawat komersial berbadan lebar atau wide body. 

"Ya paling sehari atau dua hari ini kan. Begitu slot dibuka, kami terbangkan pesawatnya," kata dia di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Kamis (27/2).

Advertisement

Pesawat berbadan besar dipilih agar proses evakuasi dari Jepang ke Indonesia tersebut tak memerlukan proses transit. Pemerintah saat ini masih menunggu pemerintah Jepang memberikan slot penerbangan dari Bandara International Haneda.  

Penentuan titik pendaratan akan ditentukan seusai dengan rencana mitigasi yang disusun. Sebagai informasi, saat ini terdapat tiga maskapai yang melayani penerbangan langsung dari Bandara Soekarno Hatta ke Haneda, yakni Garuda Indonesia, All Nippon Airways atau ANA, dan Japan Airlines  atau JAL. 

(Baca: TNI AL Evakuasi 188 WNI ABK World Dream, Semua Negatif Virus Corona)

Adapun setelah mendarat di Indonesia, para WNI akan dikarantina di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu. "Tapi jadwal dan sebagainya masih menunggu," kata Terawan. 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement