Cadangan Terbesar Dunia, Pertamina Genjot Pengembangan Panas Bumi

Image title
26 Februari 2020, 13:35
pertamina, cadangan panas bumi, pltp, listrik, pertamina geothermal energy, pge
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Ilustrasi. PT Pertamina baru mengelola 1.877 MW dari total cadangan panas bumi Indonesia yang ditaksir mencapai hingga 30 GW.

PT Pertamina melalui anak usahanya PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) memastikan akan menggenjot pengembangan sektor panas bumi di Indonesia. Indonesia saat ini merupakan negara dengan sumber cadangan panas bumi terbesar ketiga di dunia.

Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati menyebut Indonesia masih menyimpan potensi sumber cadangan panas bumi sekitar 28 gigawatt (GW) hingga 30 GW. Dari potensi tersebut, Pertamina baru mengelola 1.877 megawatt (MW).

"Dari 1877 MW, ada yang dioperasikan sendiri sebesar 572 MW dan sisanya ini kami operasikan bersama dengan pihak lain," kata Nicke di Gedung DPR, Selasa (25/2).

(Baca: Turunkan Harga Gas, Pertamina Minta Insentif dari Pemerintah)

Adapun saat ini, perusahaan pelt merah tersebut masih menemui beberapa kendala dalam mengembangkan energi panas bumi. Salah satunya, kemampuan PLN dalam menyerap sumber energi tersebut. "Ketika demand listrik ini turun, maka PLN menerapkan merit order. Jadi listrik yang termurah yang akan masuk sistem terlebih dahulu," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...