Harga Emas Dunia Melonjak, Logam Mulia Antam Naik Rp 4.000 per Gram

Agustiyanti
19 Februari 2020, 09:27
harga emas, harga emas hari ini, harga emas dunia, virus corona
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi. Harga emas Antam hari ini dijual Rp 783 ribu per gram.

Harga emas Antam hari ini naik Rp 4.000 per gram menjadi Rp 783 ribu per gram. Kenaikan tersebut seiring lonjakan harga emas dunia akibat meningkatnya kekhawatiran terhadap virus corona.

Dikutip dari Reuters, harga emas pada perdagangan pagi ini masih menanjak 0,08% level US$ 1.603 per ons, setelah kenaikan mencapai 1% pada perdagangan kemarin. Harga emas melonjak usai Apple Inc memberikan peringatan terkait dampak virus corona terhadap kinerja perusahaan.

Advertisement

"Pasar ekuitas berada di bawah tekanan dan emas masih dipandang sebagai aset safe haven klasik karena kami mendapatkan beberapa berita negatif dalam kasus ini sehubungan dengan virus corona dan dampaknya terhadap ekonomi global," kata David Meger, Direktur Perdagangan Logam di High Ridge Futures.

Apple yang merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia mengatakan tidak mungkin memenuhi target penjualan pada kuartal pertama tahun ini lantaran wabah virus corona menekan rantai pasokan mereka.

(Baca: Korban Tewas Virus Corona Tembus 2.000, Uji Coba Vaksin Butuh 18 Bulan)

Peringatan ini mengejutkan bursa saham global dari rekor tertinggi dan mendorong pembelian aset safe haven.

"Ada kekhawatiran bahwa seluruh situasi virus corona ini lebih buruk daripada yang diperkirakan banyak orang. Implikasinya adalah bahwa bank-bank sentral di seluruh dunia akan sedikit lebih dovish dan pasar menatap pada harga realitas ini," kata Bart Melek, Kepala Strategi Komoditas di TD Securities.

Bank sentral Tiongkok telah memangkas suku bunga pinjaman jangka menengah pada Senin karena pembuat kebijakan berusaha untuk mengurangi guncangan ekonomi dari wabah virus.

Jumlah korban tewas akibat virus corona di seluruh dunia telah mencapai lebih dari 2.000 orang dengan jumlah kasus lebih dari 75 ribu.

Berbagai ketidakpastian membuat permintaan emas terus meningkat dari tahun ke tahun. Indonesia tercatat sebagai salah satu negara dengan permintaan terbesar berdasarkan  data World Gold Council seperti terlihat dalam databoks di bawah ini.

Selain emas, tembaga lainnya Palladium mencapai  rekor tertinggi sepanjang masa US$ 2.670 per ons.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement