Jokowi Tawarkan Bantuan ke Xi Jinping Tangani Wabah Virus Corona

Dimas Jarot Bayu
12 Februari 2020, 19:29
jokowi, xi jinping, wabah virus corona
ANTARA FOTO/Bayu Prasetyo
Presiden Jokowi dan Presiden Tiongkok Xi Jinping melakukan komunikasi melalui telepon pada Selasa (11/2) malam membahas perkembangan virus corona di Negara Tembok Raksasa itu.

Presiden Joko Widodo berkomunikasi melalui telepon dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping pada Selasa (11/2) malam. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyatakan siap memberikan bantuan kepada Tiongkok untuk mempercepat penanganan wabah virus corona di negara tersebut. 

 "Saya bilang Indonesia siap untuk memberikan bantuan," kata Jokowi Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/2).

Ia juga menyampaikan duka cita atas musibah yang dialami Negara Tembok Raksasa itu dan meyakini pemerintah Tiongkok mampu mengatasi wabah tersebut dalam waktu dekat. 

"Saya sampaikan bahwa Indonesia yakin Tiongkok bisa selesaikan masalah virus corona dalam waktu secepat-cepatnya," kata Jokowi.

Adapun mengutip Xinhua, Xi dalam sambungan telepon tersebut meyakinkan Jokowi bahwa Tiongkok memiliki kemampuan dan keyakinan untuk menang melawan wabah yang berpusat di Wuhan itu. Xi juga meyakinkan Tiongkok akan mencapai kemakmuran lebih besar setelah mengatasi wabah ini. 

(Baca: 68 dari 70 Orang Terduga Virus Corona di Indonesia Dinyatakan Negatif)

Ia juga mengapresiasi dukungan Indonesia terhadap Tiongkok pada masa-masa sulit ini dan berharap kedua negara tetap dapat bekerja sama dengan baik di segalah bidang. 

Virus corona Covid-19 hingga kini telah menewaskan 1.110 orang di daratan Tiongkok. Total kasus infeksi virus tersebut mencapai 44.200. Virus ini juga telah menjalar ke 27 negara di luar Tiongkok.

Jumlah korban meninggal dunia dan yang terinfeksi virus corona Covid-19 telah melebihi korban SARS. Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2002-2003 lalu, SARS membunuh 774 orang dan 8.100 orang lainnya menderita sakit di 26 negara.

Dampak wabah virus corona pun diperkirakan bakal memperlambat perekonomian Tiongkok.  Wakil Ketua Institut Nasional untuk Keuangan dan Pembangunan Zeng Gang menyebut para peneliti dengan berbagai asumsi skenario yang berbeda memperkirakan dampak virus corona akan memangkas pertumbuhan ekonomi Tiongkok berkisar 0,2% hingga 1% pada tahun ini.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu, Tri Kurnia Yunianto
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...