Tingkatkan Keamanan Laut, Tujuh Kementerian Sinkronisasi Data

Image title
12 Februari 2020, 14:19
sinkronisasi data, keamanan laut, kecelakaan kapal
ANTARA FOTO/izaac mulyawan
Ilustrasi. Sinkronisasi data tujuh kementerian/lembaga juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi potensi wisata bahari, perhitungan nilai jasa ekosistem, serta perhitungan dampak kerusakan lingkungan di perairan Indonesia.

Pemerintah menyinkronkan data pada tujuh kementerian/lembaga guna meningkatkan keamanan pelayaran laut dan pengelolaan kawasan konservasi perairan. Hal ini dilakukan melalui penandatanganan dua perjanjian kerja sama terkait dengan kemaritiman.

Tujuh kementerian tersebut, yakni Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Panglima TNI, dan Kepala Badan Informasi Geospasial.

Advertisement

Pelaksana Tugas Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, sinkronisasi data digunakan dalam penyusunan peta laut Indonesia. Peta tersebut dapat digunakan sebagai alat navigasi untuk pelayaran dalam negeri maupun internasional.

"Kami tidak ingin kejadian kecelakaan kapal yang menabrak terumbu karang di Raja Ampat terulang kembali," kata Purbaya usai menjalani penandatangan kerja sama di kantornya, Jakarta, Rabu (12/2).

(Baca: Kemenhub Sebut Pelayaran Singapura - Batam Aman dari Virus Corona)

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement