WNI yang Dikarantina di Natuna Mulai Sakit

Rizky Alika
6 Februari 2020, 21:39
WNI, evakuasi, wni dievakuasi, natuna, virus corona
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, Hubei, Tiongkok saat melakukan senam bersama prajurit TNI di Hanggar Pangkalan Udara TNI AU Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (6/2).

Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, Tiongkok sakit setelah lima hari dikarantina di Natuna, Kepulauan Riau.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Anung Sugihantono mengatakan, WNI tersebut mengalami gatal-gatal, perut kebal, begah, sakit  kepala,  hingga dispepsia. Namun, sakit yang dialami dipastikan tidak terkait dengan virus corona yang berasal dari Wuhan. 

"Semua  sebatas wajar," kata dia melalui video conference yang disiarkan di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Kamis (6/2).

Para WNI tersebut juga telah melakukan pemeriksaan dan menggunakan fasilitas kesehatan yang tersedia. Di samping itu, Kemenkes juga mendistribusikan leaflet kepada puskesmas dan Dinas Kesehatan Natuna untuk mengantisipasi penularan virus corona.

(Baca: Pemerintah Klaim Indonesia Punya Alat Pendeteksi Virus Corona)

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Wiendra Waworuntu mengatakan, pemeriksaan terhadap WNI yang dievakuasi telah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku di Wuhan. Pemeriksaan tahap awal hanya sebatas pemeriksaan fisik, batuk, flu, dan demam.

Ia mengatakan, pemeriksaan swab tidak dilakukan lantaran para WNI telah lolos pemeriksaan tahap awal tersebut. "SOP seperti itu, tidak harus diperiksa swab semua," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...