Mantan Menkeu JB Sumarlin Meninggal Dunia

Mantan Menteri Keuangan JB Sumarlin meninggal dunia di usia 87 tahun.
Image title
6 Februari 2020, 15:30
Mantan menteri keuangan, menkeu, JB sumarlin meninggal dunia, tokoh meninggal dunia
bappenas.go.id
Mantan Menteri Keuangan JB Sumarlin meninggal dunia pada Kamis (6/2).

Mantan Menteri Keuangan Johannes Baptista Sumarlin meninggal dunia di usia 87 tahun pada Kamis (6/2). Jenazah rencananya akan disemayamkan di rumah duka MRCC Siloam Semanggi  hari ini pukul 18.00 WIB. 

Kabar duka tersebut disampaikan putri JB Sumarlin, Sylvia W. Sumarlin dalam akun media sosialnya. Sylvia menjelaskan sang Ayah meninggal dunia pukul 14.15 WIB di Rumah Sakit St Carolus, Jakarta. 

"Jenazah akan disemayamkan di rumah duka MRCC Siloam Semanggi pukul 18.00 WB. Rencana akan dimakamkan di San Diego Hills Lada pada Senin (10/2)," tulis Sylvia.

(Baca: Jokowi Janji Naikkan Dana Riset 4 Kali Lipat dengan Syarat)

Advertisement

Kabar ini juga dikonfirmasi oleh Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Pengawasan Pajak Nufransa Wira Sakti. "Iya, kabar tersebut betul," ujar Nufransa kepada Katadata.co.id.

Selain menjadi menteri keuangan pada tahun 1988-1993, JB Sumarlin juga pernah menjadi Menteri pendidikan ad Interim pada 1985 dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Ketua Bappenas pada 1983-1998.

(Baca: Sri Mulyani Punya 5 Staf Khusus & 2 Tenaga Ahli: Eks BI dan Ekonom DBS)

Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Badan Pemeriksa Keuangan pada 1993 hingga 1998. Pria kelahiran Blitar tahun 1932 ini juga merupakan seorang politikus dan pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat pada 1972-1978.

Memulai karier sebagai asisten dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) pada 1957, JB sumarlin juga menghabiskan sisa usianya sebagai Guru besar di kampus asalnya tersebut sejak 2008 hingga menutup usia.

Reporter: Agatha Olivia Victoria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait