Virus Corona Tewaskan 563 Orang di Tiongkok, Kasus di Jepang Bertambah

Agustiyanti
6 Februari 2020, 14:57
virus corona, wabah virus corona, kapal pesiar, jepang, tiongkok
ANTARA FOTO/Olha Mulalinda
Ilustrasi. Virus corona telah menjangkit 28 ribu orang di Tiongkok.

Jumlah korban meninggal akibat wabah virus corona di Tiongkok meningkat menjadi 563 orang dengan jumlah kasus mencapai 28 ribu orang. Sementara jumlah orang yang terinfeksi virus corona di dalam kapal pesiar yang dikarantina pemerintah Jepang bertambah 10 orang.

Sekitar 3.700 orang di kapal pesiar bernama Princess Diamond's Carnival dikarantina selama dua minggu. Saat ini, terdapat 20 orang terinfeksi di kapal tersebut dan total 40 orang yang terinfeksi virus corona di Negeri Sakura itu.

Advertisement

"Kami berharap pemerintah AS akan mengirimkan transportasi untuk orang-orang Amerika di kapal ini," ujar Gay Courters, novelis asal Amerika berusia 75 tahun yang saat ini dikarnatina di atas kapal, dikutip dari Reuters.

Di Hong Kong, sebuah kapal pesiar dengan 3.600 penumpang dan awak juga dikarantina sejak Rabu (5/2), menunggu hasil pengujian virus setelah ditemukan tiga orang terinfensi di atas kapal.

Pihak berwenang mengatakan 33 anggota kru di World Dream telah menunjukkan gejala infeksi saluran pernapasan dan tiga telah dikirim ke rumah sakit untuk isolasi.

(Baca: Sebanyak 64 Rumah Sakit BUMN Siaga Penyebaran Virus Corona)

Departemen Kesehatan Hong Kong menyebut semua kecuali satu dari 33 dinyatakan negatif dari virus tersebut.

Otoritas kesehatan Taiwan melarang semua kapal pesiar internasional berlabuh di pulau itu sejak Kamis.

Lokasi lain diduga menjadi tempat penyebaran lantaran tiga orang tertular penyakit setelah menghadiri pertemuan perusahaan pada pertengahan Januari. Pertemuan tersebut diadakan dengan 94 staf  berasal dari luar negeri, termasuk satu dari Wuhan, di hotel Grand Hyatt di Singapura.

Pihak berwenang belum mengungkapkan nama perusahaan itu, tetapi WHO mengatakan sedang menyelidiki.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement