Harga Emas Antam Stagnan di Tengah Kekhawatiran Dampak Virus Corona

Agustiyanti
31 Januari 2020, 09:02
harga emas, harga emas antam, virus corona, harga emas naik, harga emas antam hari ini
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Ilustrasi. Harga emas dunia pada perdagangan pagi ini naik tipis seiring kekhawatiran terhadap dampak virus corona ke ekonomi global.

Harga emas Antam hari ini stagnan Rp 744 ribu per gram. Sementara harga emas dunia  naik tipis akibat kekhawatiran penyebaran virus corona menyebabkan perlambatan ekonomi global.

Dikutip dari Reuters, harga emas di pasar spot pagi ini naik 0,06% menjadi US$ 1.574 per ons. 

"Kita memiliki sedikit risiko di pasar karena kekhawatiran kesehatan global dari virus corona," kata Frank Cholly, ahli strategi pasar senior di broker Chicago RJO Futures dikutip dari Reuters, Jumat (31/1).

Virus mirip flu, yang berasal dari Tiongkok menyebar ke lebih dari 15 negara. Pendemi ini mengganggu perjalanan global dan mendorong beberapa perusahaan untuk menunda operasionalnya di Tiongkok.mendorong investor ke tempat yang aman seperti emas, yen Jepang dan franc Swiss.

Kekhawatiran akan pertumbuhan ekonomi terbesar kedua di dunia memicu aksi jual tajam di pasar keuangan, 

"Dampak ekonomi virus corona meningkat dan membuat investor lari ke treasury dan emas," Edward Moya, analis pasar senior di broker OANDA, mengatakan dalam sebuah catatan.

(Baca: Investor Cermati Dampak Corona ke Ekonomi, IHSG Diprediksi Bervariasi)

Badan Kesehatan Dunia atau WHO kini telah menetapkan status gawat darurat terkait wabah virus corona. Tiongkok mencatat sebanyak 213 orang meninggal dunia dan lebih dari 9.000 orang terjangkit virus tersebut.

Ketua Federal Reserve Jerome Powell juga mencatat risiko perlambatan jangka pendek di Tiongkok yang juga dapat berdampak ke ekonomi AS. Adapun The Fed sebelumnya memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan.

Suku bunga AS yang lebih rendah memberikan tekanan pada dolar dan imbal hasil obligasi, meningkatkan daya tarik emas dan aset tidak menghasilkan lainnya. Imbal hasil AS turun ke posisi terendah dalam tiga bulan terakhir pada hari Kamis.

Sementara itu, mengutip situs logammulia.com,  harga pada seluruh produk emas yang dijual berdasarkan bobot juga tak bergeser. Demikian pula dengan harga penjualan kembali emas Antam hari ini yang juga tetap Rp 690 ribu per gram.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...