DPR Minta Pemda Ikut Cegah Konversi Lahan Pertanian

Rizky Alika
14 Januari 2020, 18:56
kementerian pertanian, lahan pertanian, pertanian
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Ilustrasi. DPR menilai laju konversi lahan pertanian perlu dikendalikan karena lahan merupakan faktor esensial dalam kemajuan sektor pertanian di Tanah Air.

Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR meminta pemerintah daerah untuk ikut mencegah alih fungsi lahan pertanian yang terus meningkat. 

“Kami akan mendorong daerah untuk memiliki pemikiran yang sama. Pencegahan alih fungsi lahan pertanian, bukan hanya tugas Kementerian Pertanian atau pemerintah pusat saja,"  ujar Wakil Ketua DPR Rahmat Gobel di Jakarta, Selasa (14/1). 

Hal tersebut disampaikan Rahmat usai bertemu Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Kementerian Pertanian. Ia pun berharap ada komitmen yang sama antara pemerintah pusat dan daerah.

Rahmat mengatakan, peningkatan laju konversi lahan terjadi lantaran masyarakat belum melihat bertani sebagai usaha yang menguntungkan. Hal tersebut mendorong masyarakat untuk menjual lahan pertaniannya.

Padahal, lanjut dia, pertanian bisa menghasilkan keuntungan yang besar bila dikelola secara profesional. Keuntungan sektor usaha pertanian dinilai tidak kalah dengan industri jika dikelola dengan benar.

(Baca: Mentan Minta Penegak Hukum Tangkap Pelaku Alih Fungsi Lahan Pertanian)

Adapun ia menilai laju konversi lahan pertanian perlu dikendalikan karena lahan merupakan faktor esensial dalam kemajuan sektor pertanian di Tanah Air. Pertanian merupakan ujung tombak untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...