Pesawat Ukraina Airlines Jatuh di Iran, 176 Penumpang dan Awak Tewas

Agustiyanti
8 Januari 2020, 14:43
Ukriana Airlines, Boeing 737 jatuh, pesawat ukraina airlines jatuh
123rf
Ilustrasi. Pesawat Boeing 737-800 yang diterbangkan Ukraina Airlines jatuh usai lepas landas dari Bandara Bandara Internasional Iman Khomeini, Iran.

Seluruh penumpang dan awak Pesawat Ukraina Airlines  yang jatuh usai lepas landas dari Bandara Internasional Iman Khomeini, Iran dilaporkan tewas. Pesawat Boeing 737-800 itu mengangkut 167 penumpang dan 9 awak. 

Pesawat jatuh dekat bandara dan meledak tak lama kemudian. Presiden Ukraina Volodymir Zelenskit mengatakan tak ada yang selamat dalam kecelakaan tersebut.

“Duka cita yang mendalam bagi keluarga dan kerabat seluruh penumpang dan awak pesawat,” ujar Zelensky dikutip dari Reuters, Rabu (8/1).

Stasiun TV Iran dan Perdana Menteri Ukraina menyebut terdapat 167 penumpang dan 9 awak dalam pesawat tersebut. Belum ada pernyataan resmi dari Ukraina International Airlines.

“Api begitu besar, kami tak bisa menyelematkan penumpang dan kru. Ada 22 ambulans, empat bus ambulans, dan helikopter di lokasi,” ujar Pirhossein Koulivand, kepala penanganan kondisi darurat tersebut.

(Baca: Pesawat Boeing 737 Milik Ukraina Airlines Jatuh di Iran)

Tayangan televisi Iran menunjukkan puing-puing dan bagian mesin yang terbakar di sebuah lapangan tempat jatuhnya pesawat. Para petugas menggunakan masker terlihat mengangkut mayat para korban. 

Ukraina Airlines belum memberikan pernyataan resmi. Sementara Juru bicara Boeing, mengatakan perusahaan telah mengetahui laporan media tentang kecelakaan pesawat di Iran dan sedang mengumpulkan lebih banyak informasi.

Situs Flightradar 24 menunjukkan bahwa pesawat tersebut meninggalkan Iran pukul 02.42 waktu setempat menuju Bandara Internasional Kyiv's Boryspil di Ukraina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...