Sempat Ditutup akibat Banjir, Bandara Halim Kembali Normal

Cindy Mutia Annur
1 Januari 2020, 18:39
Bandara Halim, Banjir Jakarta, Bandara Halim Banjir, Banjir
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Ilustrasi. Bandara Halim Perdanakusuma kembali dibuka usai ditutup sementara akibat banjir.

Bandara Halim Perdanakusuma kembali dibuka usai ditutup sementara akibat banjir.  Namun, belum seluruh landasan terbang atau runaway dapat digunakan lantaran masih ada sebagian yang tergenang air. 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti mengatakan, bandara udara tersebut sudah dibuka sejak pukul 14.30 WIB.  Namun, lebar runway yang dapat digunakan baru sekitar 30 meter dari lebar normal yakni 45 meter.

Advertisement

"Selanjutnya akan dievaluasi lagi bila kondisi runway dapat dioperasikan kembali dengan lebar 45 meter," ujar Polana melalui siaran pers, Rabu (1/1). 

(Baca: Bandara Halim Banjir, Penerbangan Dialihkan ke Soetta )

Sejauh ini, menurut Polana,  pesawat yang dapat dioperasikan sementara adalah tipe sejenis A320 dan Boeing 737. Adapun akan terus memantau dan berkoordinasi dengan operator bandara, penerbangan, dan juga stakeholder penerbangan lainnya untuk menentukan langkah-langkah yang tepat atas  kondisi banjir tersebut.

“Kami upayakan yang terbaik bagi semua pengguna jasa transportasi udara dengan tetap mempertahankan keselamatan, keamanan dan kenyamanan. No go item dalam bisnis penerbangan,” ujar Polana.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement