Sempat Ditutup akibat Banjir, Bandara Halim Kembali Normal

Meski sudah dibuka, sebagian landasan terbang Bandara Halim masih tergenang air sehingga operasionalnya masih terbatas.
Image title
Oleh Cindy Mutia Annur
1 Januari 2020, 18:39
Bandara Halim, Banjir Jakarta, Bandara Halim Banjir, Banjir
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Ilustrasi. Bandara Halim Perdanakusuma kembali dibuka usai ditutup sementara akibat banjir.

Bandara Halim Perdanakusuma kembali dibuka usai ditutup sementara akibat banjir.  Namun, belum seluruh landasan terbang atau runaway dapat digunakan lantaran masih ada sebagian yang tergenang air. 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti mengatakan, bandara udara tersebut sudah dibuka sejak pukul 14.30 WIB.  Namun, lebar runway yang dapat digunakan baru sekitar 30 meter dari lebar normal yakni 45 meter.

"Selanjutnya akan dievaluasi lagi bila kondisi runway dapat dioperasikan kembali dengan lebar 45 meter," ujar Polana melalui siaran pers, Rabu (1/1). 

(Baca: Bandara Halim Banjir, Penerbangan Dialihkan ke Soetta )

Sejauh ini, menurut Polana,  pesawat yang dapat dioperasikan sementara adalah tipe sejenis A320 dan Boeing 737. Adapun akan terus memantau dan berkoordinasi dengan operator bandara, penerbangan, dan juga stakeholder penerbangan lainnya untuk menentukan langkah-langkah yang tepat atas  kondisi banjir tersebut.

“Kami upayakan yang terbaik bagi semua pengguna jasa transportasi udara dengan tetap mempertahankan keselamatan, keamanan dan kenyamanan. No go item dalam bisnis penerbangan,” ujar Polana.

Sebelumnya, penerbangan di Bandara Halim sempat dialihkan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta siang tadi. Landasan terbang di bandara tersebut tergenang air sehingga tak memungkinkan aktivitas penerbangan.

(Baca: Banjir Hampir Merata di Wilayah Jakarta, Berikut Lokasinya)

“Untuk alasan keamanan dan keselamatan, aktivitas di Halim Perdana Kusuma kita tutup sementara hingga waktu yang belum ditentukan. Semua penerbangan dari Halim dialihkan ke Soetta,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana Banguningsih Pramesti di Jakarta, Rabu (1/1).

Kondisi siang tadi, air setinggi 30 sentimeter masih menggenangi landasan pacu Bandar Udara Halim Perdana Kusuma. Sedangkan area bandara yang tergenang air kurang lebih seluas 500 meter.

Banjir juga menggenangi area di luar bandara yang membuat penumpang sulit untuk mengakses Bandar Udara Halim Perdana Kusuma.

Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Agustiyanti

Video Pilihan

Artikel Terkait