Tak Hadiri Undangan KPK, Jokowi Peringati Hari Antikorupsi di SMKN 57

Presiden Joko Widodo tak memenuhi undangan KPK dan memilih memperingati Hari Antikorupsi Sedunia tahun ini di SMKN 57 Jakarta.
Dimas Jarot Bayu
9 Desember 2019, 09:35
Presiden Joko Widodo memberi sambutan saat meresmikan pabrik baru polyethylene (PE) CAP di Cilegon, Jumat (6/12/2019). Presiden berharap peresmian pabrik tesebut bisa menekan defisit anggaran akibat besarnya impor produk Polyethylene yang masih tinggi.
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman
Presiden Joko Widodo memilih menghadiri peringatan Hari Antikorupsi Sedunia di SMKN 57 Jakarta dan tak menghadiri undangan KPK.

Ada yang berbeda dari peringatan Hari Antikorupsi Sedunia atau Harkodia yang diselenggarakan Komisi Pemberantasan Korupsi tahun ini. Presiden Joko Widodo memutuskan tidak menghadiri undangan KPK pada acara yang jatuh setiap tanggal 9 Desember ini.

Padahal, acara yang digelar KPK ini selalu masuk dalam jadwal Jokowi pada tahun-tahun sebelumnya. Peringatan Hari Korupsi Sedunia setiap tahun dilakukan KPK dengan menyelenggarakan berbagai acara, mulai dari konferensi hingga festival film. 

Pada n tahun ini, Eks Gubernur DKI Jakarta itu memilih hadir dalam acara Pentas #PrestasiTanpaKorupsi yang digelar di SMKN 57 Jakarta. Acara tersebut juga digelar untuk memperingati Hari Antikorupsi. Hanya saja, dengan peserta terbatas yakni siswa dan guru SMKN 57 Jakarta dan sekitarnya.

(Baca: Jokowi Tak Terbitkan Perppu, Tiga Pimpinan KPK Ajukan Uji Materi )

Advertisement

Jokowi hadir bersama Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Hadir pula Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wisnuthama, serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sebagai gantinya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang menghadiri acara peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2019 di KPK. Hal ini dibenarkan oleh Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

“Teragendakan wapres besok,” ujar Febri dalam keterangan tertulisnya, Minggu (8/12).

(Baca: Pimpinan KPK Cemas, Serahkan Mandat Pemberantasan Korupsi ke Jokowi)

Selain wapres, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian,  Kapolri Idham Azis, dan Jaksa Agung ST Burhanuddin dijadwalkan hadir dalam acara tersebut. 

KPK menggelar rangkaian acara peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2019 dengan tema ‘Bersama Melawan Korupsi untuk Indonesia Maju' sejak 6 Desember 2019. Acara puncak berlangsung pada hari ini dan berakhir pada 13 Desember 2019.

 

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait