Tak Hadiri Undangan KPK, Jokowi Peringati Hari Antikorupsi di SMKN 57

Dimas Jarot Bayu
9 Desember 2019, 09:35
Presiden Joko Widodo memberi sambutan saat meresmikan pabrik baru polyethylene (PE) CAP di Cilegon, Jumat (6/12/2019). Presiden berharap peresmian pabrik tesebut bisa menekan defisit anggaran akibat besarnya impor produk Polyethylene yang masih tinggi.
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman
Presiden Joko Widodo memilih menghadiri peringatan Hari Antikorupsi Sedunia di SMKN 57 Jakarta dan tak menghadiri undangan KPK.

Ada yang berbeda dari peringatan Hari Antikorupsi Sedunia atau Harkodia yang diselenggarakan Komisi Pemberantasan Korupsi tahun ini. Presiden Joko Widodo memutuskan tidak menghadiri undangan KPK pada acara yang jatuh setiap tanggal 9 Desember ini.

Padahal, acara yang digelar KPK ini selalu masuk dalam jadwal Jokowi pada tahun-tahun sebelumnya. Peringatan Hari Korupsi Sedunia setiap tahun dilakukan KPK dengan menyelenggarakan berbagai acara, mulai dari konferensi hingga festival film. 

Pada n tahun ini, Eks Gubernur DKI Jakarta itu memilih hadir dalam acara Pentas #PrestasiTanpaKorupsi yang digelar di SMKN 57 Jakarta. Acara tersebut juga digelar untuk memperingati Hari Antikorupsi. Hanya saja, dengan peserta terbatas yakni siswa dan guru SMKN 57 Jakarta dan sekitarnya.

(Baca: Jokowi Tak Terbitkan Perppu, Tiga Pimpinan KPK Ajukan Uji Materi )

Jokowi hadir bersama Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Hadir pula Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wisnuthama, serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...