Masih Merugi, Peternak Berharap Harga Ayam Naik Jelang Natal

Image title
5 Desember 2019, 06:15
harga ayam, harga ayam di peternak, peternak ayam rugi
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi. Rata-rata harga ayam di tingkat peternak saat ini di kisaran Rp 17 ribu per kg.

Gabungan Peternak Ayam Nasional atau Gopan berharap harga ayam akan meningkat jelang Natal dan Tahun Baru. Hingga kini, mereka masih merugi lantaran harga jual ayam yang masih rendah. 

Sekertaris Jenderal Gopan Sugeng Wahyudi menjelaskan, saat ini masih terjadi kelebihan pasokan ayam sebanyak 7 juta ekor. Hal ini membuat harga ayam saat ini masih berada di bawah biaya produksi.

"Kebutuhannya sekitar 60 juta ekor per minggu di seluruh Indonesia, tapi produksi bisa mencapai 67 juta ekor. Sudah coba ekspor tapi belum signifikan," ujar Sugeng saat dihubungi Katadata.co.id, Rabu (4/12).

(Baca: Harga Anjlok, Kementan Minta Peternak Ayam Kecil Gaet Pengusaha Besar)

Sesuai Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 96 Tahun 2018, harga ayam di tingkat peternak ditetapkan paling rendah Rp 18 ribu dan paling tinggi Rp 20 ribu per kg. Adapun harga acuan ayam di tingkat konsumen dipatok Rp 34 ribu per kg.

Namun, menurut Sugeng, rata-rata harga jual ayam di tingkat peternak masih berkisar Rp 17 ribu per kilogram. Sedangkan berdasarkan ata dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional, rata-rata harga ayam di tingkat konsumen pada Rabu (4/12) sebesar Rp 33.300 per kg.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...