Pertamina Targetkan Laba Bersih Tahun Depan Capai Rp 31,6 Triliun

Image title
29 November 2019, 06:53
Petugas Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) PT. Pertamina (Persero) berjalan di tangki penampungan avtur DPPU Bandara Domine Eduard Osok (DEO) Kota Sorong, Papua Barat, Kamis (21/11/2019). Konsumsi avtur di wilayah setempat mengalami peningkatan, tercata
Ilustrasi. Pertamina menargetkan total volume penjualan produk minyak mencapai 90,83 juta kiloliter pada tahun depan.

PT Pertamina menargetkan laba bersih pada tahun depan mencapai US$ 2,2 miliar atau sekitar Rp 31,6 triliun dengan asumsi kurs APBN 2020 Rp 14.400 per dolar AS. Target tersebut naik 10% dibanding target pada tahun ini US$ 2 miliar.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengungkapkan, kinerja keuangan perusahaan akan ditopang oleh kinerja produksi migas Pertamina dan beberapa faktor lainnya seperti harga minyak mentah Indonesia atau ICP. 

Adapun menurut data dari Pertamina, produksi migas dipatok tahun depan akan mencapai 923 ribu barel setara minyak per hari atau boepd. Dengan perincian, produksi minyak mancapai 430 ribu barel per hari atau bph dan produksi gas sebesar 2.857 juta kaki kubik per hari atau mmscfd.

"Target-target yang disampaikan masing-masing perusahaan dapat kami sampaikan target produksi migas nanti akan meningkat di 2021 ketika Rokan masuk," ujar Nicke dalam Rapat Dengar Pendapat dengan komisi VII DPR RI, Kamis (28/11).

(Baca: Kementerian ESDM Sebut B30 Siap Diimplementasikan Mulai 1 Januari 2020)

Hampir dari separuh investasi yang akan digelontorkan perseraon sebesar US$ 7,8 miliar akan dialokasikan untuk meningkatkan kegiatan hulu migas. Kegiatan itu berupa eskplorasi dan pengembangan wilayah kerja yang dikelola oleh Pertamina.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...