Bertemu Dubes Jepang, Mahfud MD Sepakat Perkuat Kerja Sama Pertahanan

Pertemuan antara Mahfud MD dan Dubes Jepang berlangsung selama satu jam.
Dimas Jarot Bayu
22 November 2019, 13:31
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008-2013 Mahfud MD mendatangi Istana, Jakarta (21/10/2019).
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Mahfud MD dan Dubes Jepang mendiskusikan kerja sama yang dilakukan Indonesia dan Jepang, terutama di bidang pertahanan.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD menerima kunjungan dari Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii di kantornya, Jakarta, Jumat (22/11). Pertemuan keduanya berlangsung sekitar satu jam.

“Saya datang ke sini untuk mengucapkan selamat kepada Pak Mahfud yang baru menjabat sebagai menteri,” ujar Ishii.

Selain memberikan selamat, ia dan Mahfud juga mendiskusikan kerja sama yang dilakukan Indonesia dan Jepang, termasuk  di bidang pertahanan.

(Baca: Mahfud MD Sebut Jokowi Tampung Usulan Mendagri Soal Pilkada oleh DPRD)

Advertisement

Salah satu kerja sama kedua negara tersebut, yakni terkait dengan pertahanan antiteror. “Kami juga memutuskan memperkuat kerja sama kami di area yang lain, termasuk di pertahanan antiteror,” kata Ishii.

Pihaknya juga ingin memperkuat kerja sama dengan Badan Keamanan Laut (Bakamla), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan beberapa institusi lainnya. Dari pertemuan tersebut,ia dan Mahfud sepakat untuk memperkuat berbagai kerja sama Indonesia-Jepang di berbagai bidang. 

“Kami berharap dapat menerima Mahfud di Jepang kapan-kapan di lokasi yang tepat,” kata Ishii.

 (Baca: Mahfud: Saya Dukung Perppu KPK, Tapi Presiden Anggap Belum Perlu)

Sebagai informasi, pertahanan menjadi salah satu bidang yang memperoleh anggaran besar. Kementerian Pertahanan bahkan akan mengantongi anggaran terbesar pada tahun depan mencapai  Rp 131,2 triliun seperti terlihat dalam databoks di bawah ini. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo baru-baru ini menemui delegasi Japan Indonesia Association (Japinda) yang dipimpin mantan Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda di Istana Merdeka, Jakarta.

Dalam pertemuan itu, Jokowi dan Japinda membahas berbagai isu kerja sama dan investasi Jepang di Indonesia.  Salah satu investasi yang dibahas yakni pengembangan Blok Masela. Inpex Corporation bekerja sama dengan Shell Upstream Overseas Ltd mengembangkan proyek tersebut.

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait