Negosiasi Kesepakatan Dagang AS dan Tiongkok Masih Alot

Agustiyanti
16 November 2019, 08:55
perang dagang
Dilok Klaisataporn/123RF.com
Ilustrasi. Perang dagang antara AS dan Tiongkok sudah berlangsung sejak awal 2018.

Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok belum menghasilkan perjanjian kesepakatan dagang tahap I yang seharusnya sesuai jadwal awal diteken pada 16-17 November 2019. Kedua negara ekonomi terbesar ini disebut masih memiliki perbedaan pandangan yang signifikan. 

Dikutip dari Reuters, Menteri Perdagangan AS Wibur Ross menyebut Presiden Donald Trump belum sepakat untuk menghapus tarif apa pun sebagai bagian dari kesepakatan tersebut. Selain itu, komitmen Tiongkok untuk membeli produk pertanian AS belum jelas.

Keengganan Tiongkok untuk berkomitmen membeli produk pertanian AS dalam jumlah tertentu menjadi fokus penting dalam pembicaraan dagang. Demikian pula dengan keengganan AS menurunkan tarif.

Tiongkok, menurut Ross, sebenarnya mampu membeli produk pertanian AS senilai US$ 40 miliar hingga US$ 50 miliar. “Pertanyaannya adalah, apakah mereka mau berkomitmen untuk itu?" Katanya.

(Baca: Impor Barang dari Hong Kong Anjlok Imbas Demo Berkepanjangan)

Ross belum dapat memastikan apakah kesepakatan tahap I dapat diteken sesuai jadwal awal pada pertengahan bulan ini. Tenggat waktu penyelesaian kesepakatan dagang antara AS dan Tiongkok menguap dengan pembatalan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Internasional di Chili yang dibatalkan akibat kerusuhan di negara itu.

Adapun tenggat lain adalah rencana kenaikan tarif AS untuk impor Tiongkok yang bakal dilakukan pada 15 Desember.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...