Pemerintah akan Percepat Pengentasan Stunting, Begini Langkahnya

Dimas Jarot Bayu
15 November 2019, 13:47
Kepala Staf Presiden Moeldoko memberikan keterangan terkait capaian kinerja pemerintahan Jokowi-JK di Jakarta, Jumat (18/10/2019). Moeldoko menyatakan pemerintahan Jokowi-JK telah berhasil melaksanakan pembangunan menyeluruh di Indonesia seperti Tol Trans
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Kepala Staf Presiden Moeldoko menyebut, pemerintah akan mengorganisasi pemerintah daerah, pegiat, dan pengusaha untuk menyelesaikan persoalan stunting.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memastikan pemerintah bakal mempercepat upaya pengentasan stunting  di Indonesia, meski tingkat prevalansinya sudah turun signifikan dalam beberapa tahun terakhir.  

Stunting adalah masalah kekurangan gizi kronis yang menyebabkan tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

Advertisement

Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesda) pada 2013 lalu, prevalensi atau persentase anak yang terjangkit stunting masih sebesar 37,2%. Adapun, hasil riset studi status gizi balita di Indonesia pada tahun ini menyatakan bahwa prevalensi stunting sebesar 27,67%.

 (Baca: Lawan Stunting, Pemerintah Siap Sertifikasi Pasangan yang Akan Menikah)

Namun, Presiden Joko Widodo menyebut penurunan prevalensi stunting itu masih lambat. Oleh karena itu, menurut Moeldoko, pemerintah akan berupaya mempercepat penurunan prevalensi stunting di Indonesia.

"Kami akan 'gas' lagi ke depan. Presiden kemarin pada sidang kabinet menginginkan ada percepatan lagi, semakin cepat semakin bagus," kata Moeldoko di Jakarta, Jumat (15/11). 

Ia menjelaskan, pemerintah akan mengorganisasi pemerintah daerah, pegiat, dan pengusaha. Selama ini, pemerintah daerah, pegiat, dan pengusaha masih bergerak sendiri-sendiri dalam menyelesaikan persoalan stunting sehingga hasilnya tak optimal.

"Di lapangan itu mungkin terserak ya. Kami akan organize lagi agar menjadi kekuatan nyata, yang gerakannya terukur dengan baik," kata dia.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement