BMKG: Hujan Lebat Bakal Guyur Jakarta dan Sejumlah Wilayah Pekan Ini

Agustiyanti
11 November 2019, 07:44
Badan Pusat Statistik melaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,05 persen pada kuartal II 2019. Angka ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang sebesar 5,27 persen.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi Jakarta. BKMG memperingatkan hujan lebat disertai petir/kilat akan mengguyur Jakarta dan sejumlah wilayah di Indonesia selama sepekan ke depan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat di sejumlah wilayah untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya hujan lebat selama sepekan ke depan. Wilayah yang berpotensi diguyur hujan lebat, antara lain Jakarta, Sumatera Utara, Jawa Barat, Riau, Banten, Sulawesi, hingga Papua.

"Kondisi atmosfer tidak stabil di sebagian besar wilayah Sumatera, Kalimantan dan Jawa mendukung pertumbuhan awan hujan yang cukup signifikan dalam periode sepekan ke depan," kata Deputi bidang Meteorologi BMKG R Mulyono R Prabowo, seperti dikutip dari Antara, Senin (1/11).

Kondisi tersebut, menurut dia, juga disebabkan melemahnya intensitas siklon tropis Nakri di Laut Cina Selatan menyebabkan angin timur di selatan ekuator turut mengalami pelemahan. Hal ini kemudian dapat meningkatkan aliran massa udara basah dari Asia masuk ke wilayah Indonesia.

"Juga adanya daerah pertemuan dan belokan angin yang diidentifikasi terbentuk di wilayah Sumatera, Kalimantan dan Jawa," kata dia.

(Baca: Mendag Enggar Waspadai Kenaikan Harga Pangan Jelang Akhir Tahun)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...