Transisi Blok Rokan, Chevron Bakal Siapkan Kebutuhan Data Pertamina

Image title
4 November 2019, 17:25
Pekerja Chevron
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi Chevron. PT Chevron Pacific Indonesia bakal membantu Pertamina memuluskan proses transisi pengambilalihan Blok Rokan.

PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) mengatakan, bakal menyiapkan data-data yang diperlukan PT Pertamina (Persero) guna mengambil alih pengelolaan Blok Rokan. Pertamina akan secara resmi mengambil alih blok migas itu dari Chevron saat kontraknya habis pada 2021. 

Senior Vice President Policy and Government and Public Affairs PT CPI Wahyu Budiarto menjelaskan, pihaknya akan membantu memuluskan proses tranisisi pengalihan Blok Rokan ke Pertamina. Salah satunya, dengan menyediakan data-data yang dibutuhkan Pertamina untuk mengelola blok migas itu. 

"Kami akan membantu Pertamina agar dapat beroperasi dengan smooth dan cepat (pada Blok Rokan). Sekarang bicara data, sehingga tidak usah mulai dari nol. Data yang diperlukan oleh mereka apa saja, kami sediakan," kata Wahyu saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Senin (4/11).

(Baca: Chevron Akui Minyak Blok Rokan Dicuri)

Saat ini, menurut dia, pihaknya masih menunggu daftar data yang dibutuhkan Pertamina untuk kemudian diserahkan kepada BUMN migas itu. Data yang akan diserahkan, menurut Wahyu, salah satunya akan terkait penerapan teknologi tingkat lanjut Enhanced Oil Recovery (EOR) di Blok Rokan.

Sebelumnya, Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto meminta Pertamina langsung menerapkan EOR kimia secara penuh di Blok Rokan pada 2021. Pertamina pun menyatakan kesiapannya untuk menerapkan teknologi tersebut.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...