AS dan Tiongkok Cari Lokasi Baru Teken Kesepakatan Dagang

Agustiyanti
1 November 2019, 07:00
Presiden Amerika Serikat Donald Trump
ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst
Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan AS dan Tiongkok akan segera mengumumkan lokasi baru penandatanganan kesepakatan dagang tahap pertama. Penentuan lokasi baru dibutuhkan lantaran pemerintah Chili membatalkan gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC pada 16-17 November yang semula akan dimanfaatkan sebagai lokasi penandatanganan kesepakatan dagang oleh Trump dan Xi Jinping.

"Tiongkok dan AS sedang berupaya memilih lokasi baru untuk penandatanganan perjanjian perdagangan tahap pertama. Lokasi baru akan segera diumumkan. Presiden Xi dan Presiden Trump akan melakukan penandatanganan!" kata Trump melalui akun resminya di Twitter, Kamis (31/10).

(Baca: Kesepakatan Dagang AS-Tiongkok Bakal Diteken Lebih Cepat)

Dikutip dari Reuters, keputusan Chili untuk membatalkan KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik pada 16-17 November di negaranya lantaran kerusuhan berkepanjangan memprotes ketidaksetaraan di negara itu.

Trump tidak mengumumkan secara spesifik kapan pertemuan baru akan ditetapkan. Namun. ia mengatakan pada hari Rabu bahwa pihaknya akan menyelesaikan kesepakatan dalam jangka waktu yang sama.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...