Jumlah Orang Kaya Tiongkok Kini Lebih Banyak daripada Amerika

Agustiyanti
27 Oktober 2019, 17:15
orang terkaya
Arief Kamaludin (Katadata)
Ilustrasi. Laporan Credit Suisse terbaru menyebut jumlah orang kaya Tiongkok di antara 10% orang terkaya dunia untuk pertama kalinya lebih banyak dari AS.

Jumlah orang kaya Tiongkok di antara 10% orang terkaya dunia, lebih banyak dari Amerika Serikat (AS) untuk pertama kalinya.

Dikutip dari CNN, laporan terbaru dari Credit Suisse menunjukkan Tiongkok menyumbang 100 juta orang kaya di antara 10% orang terkaya di dunia. Sementara itu, terdapat 99 juta orang AS pada kategori yang sama.

Advertisement

Namun, AS masih memiliki jutawan terbanyak mencapai 18,6 juta orang, mencakup 40% dari total dunia. Angka ini jauh di atas Tiongkok yang hanya mencapai 4,4 juta orang. Suku bunga rendah dan pemotongan pajak di AS dalam beberapa tahun terakhir  turut menjadi faktor pendorong.

(Baca: Pemilik Louis Vuitton Dikabarkan Minat Akuisisi Tiffany & Co)

Rata-rata orang AS juga masih lebih kaya dibanidngkan Tiongkok. Pendapatan per kapita AS mencapai US$ 432.364, masih jauh dibanding Tiongkok US$58.544.

Namun, Tiongkok disebut kini menggantikan Eropa sebagai mesin utama pertumbuhan kekayaan global, terlepas dari perang dagang yang membebani perekonomian negara itu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement