Ditanya soal Harga Pangan, Mendag Agus Suparmanto Jawab soal Ekspor

Rizky Alika
24 Oktober 2019, 19:21
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto tak menjawab pertanyaan terkait kebijakan perdagangan di dalam negeri dan memilih menjelaskan ekspor.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mendapatkan pertanyaan soal persepsinya terhadap kebijakan dalam negeri, khususnya bahan pokok dan pangan. Pertanyaan tersebut diajukan oleh awak media.

Namun, alih-alih menjawab kebijakan terkait , Agus justru memaparkan kebijakan perdagangan internasional ke depan, yaitu pemangkasan regulasi yang menghambat ekspor. Ia menambahkan, hal tersebut sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo.

Advertisement

"Semua aturan yang menghambat ekspor harus diubah sesegera mungkin karena menghalangi kita untuk dapat neraca yang positif," kata Agus dalam pertemuan dengan media di Jakarta, Kamis (24/10).

Awak media pun kembali menanyakan kembali terkait kebijakan pangan. Ia hanya menjawab bahwa stabilitas harga pangan sudah terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Agus lalu kembali menyinggung soal pemangkasan dan penyederhanaan aturan.

"Kami akan pangkas, dalam arti menyederhanakan," ujarnya.

(Baca: Tekan Defisit Neraca Dagang, Airlangga Dorong Restrukturisasi TPPI)

Jumpa pers perdana tersebut berlangsung  sekitar 20 menit yang disertai dengan perkenalan dengan awak media secara satu per satu. Pertanyaan yang diajukan juga dibatasi lantaran Agus memiliki agenda yang masih harus dihadiri. 

Selain akan mengatur kembali kebijakan ekspor, Agus juga menjelaskan sejumlah perjanjian luar negeri akan diselesaikan, baik bilateral dan multilateral. Ia juga akan mengkaji manfaat dari perjanjian-perjanjian yang sudah ada dan tengah diselesaikan terhadap peluang ekspor Indonesia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement