Serah Terima Jabatan, Prabowo Resmi Berkantor di Kemenhan

Prosesi serah terima jabatan diawali dengan Upacara Jajar Kehormatan. Dalam kegiatan tersebut, Prabowo langsung menjadi pembina upacara.
Dimas Jarot Bayu
Oleh Dimas Jarot Bayu
24 Oktober 2019, 17:42
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) membalas hormat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kiri) usai acara serah terima jabatan di gedung Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (24/10/2019). Prabowo Subianto menjabat sebagai Menteri Pertahanan dalam kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Prosesi serah terima jabatan menteri pertahanan dari Ryamizard Ryacudu kepada Prabowo Subianto digelar di Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jakarta, Kamis (24/10). Dengan digelarnya prosesi ini, Prabowo telah resmi berkantor di Kemenhan menggantikan Ryamizard.

Prosesi serah terima jabatan diawali dengan Upacara Jajar Kehormatan di lapangan Kemenhan pada pukul 14.00 WIB. Dalam kegiatan tersebut, Prabowo langsung menjadi pembina upacara.

Proses serah terima jabatan kemudian dilanjutkan di Gedung Abdul Haris Nasution lantai 16 kompleks Kemenhan. Proses itu ditandai dengan penandatanganan memorandum oleh Prabowo dan Ryamizard.

Setelah acara tersebut, keduanya melakukan foto bersama dan dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat dari para tamu undangan. Prabowo didampingi oleh kakaknya, Hashim Djojohadikusumo. Sementara, Ryamizard didampingi oleh istrinya, Nora Trisyana.

(Baca: Profil Menko Mahfud MD, Mantan Jubir yang Kini Membawahi Prabowo)

Acara tersebut dihadiri pula oleh Wakil Ketua Umum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua Umum Gerindra Sugiono. Ada pula Menteri Perikanan dan Kelautan yang juga Wakil Ketua Umum Gerindra Edhy Prabowo, Menko Polhukam Mahfud MD, dan mantan Wakil Presiden Try Sutrisno. Selain itu, hadir Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan seluruh Kepala Staf TNI.

Dalam acara tersebut, Ryamizard mengucapkan pamit kepada seluruh jajaran Kemenhan. Dia juga mengucapkan selamat atas terpilihnya Prabowo sebagai menteri pertahanan periode 2019-2024.

"Kami berharap diberi hidayah dan kekuatan selama menjabat menhan," kata Ryamizard.

(Baca: Prabowo Pimpin Kementerian Pertahanan dengan Anggaran Terbesar di 2020)

Ryamizard mengatakan, tugas menhan cukup berat karena harus menjaga kedaulatan dan keutuhan negara. Oleh karena itu, menurut dia, Prabowo harus siap melaksanakan tugas tersebut.

"Kalau kita tidak siap begitu ya berarti kita tidak mampu melaksanakan tugas itu," kata Ryamizard.

Prabowo pada kesempatan tersebut mengapresiasi atas kerja Ryamizard selama ini. Dia berjanji akan meneruskan langkah-langkah yang dijalankan Ryamizard ketika menjabat sebagai menhan.

Lebih lanjut, Prabowo memastikan tugasnya untuk ikut membantu dan memperkuat TNI. "Supaya kita bisa semuanya menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI," kata Prabowo.

Kementerian Pertahanan pada tahun ini mengantongi anggaran terbesar kedua setelah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Pada tahun depan, anggaran Kemenhan akan menyalip Kementerian PUPR dan menjadi kementerian dengan anggaran terbesar seperti tergambar dalam databooks di bawah ini.

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti

Video Pilihan

Artikel Terkait