Jokowi Resmi Melantik Para Menteri Kabinet Indonesia Maju

Dimas Jarot Bayu
23 Oktober 2019, 11:06
Jokowi, kabinet indonesia maju
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (ketiga kanan), Wakil Presiden Maruf Amin (kedua kanan) dan Ibu Wury Estu Handayani (kanan) menyerahkan petikan keputusan kepada calon Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) dalam rangkaian acara pelantikan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10)

Presiden Joko Widodo resmi melantik 34 menteri dan 4 pejabat setingkat menteri dalam Kabinet Indonesia Maju. Proses pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10) pukul 10.30 WIB.

Para menteri dilantik melalui Keputusan Presiden Nomor 113/P/2019 tentang Pembentukan Kementerian Negara dan Pengangkatan Menteri Negara. Jaksa Agung diangkat berdasarkan Keppres No. 114/P/2019. Sekretaris Kabinet Pramono Anung diangkat melalui Keppres Nomor 115 P/2019.

Pengangkatan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko berdasarkan Keppres Nomor 116/P/2019. Sementara, pemberhentian Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang lama, Thomas Lembong sekaligus pengangkatan Kepala BKPM yang baru, Bahlil Lahadalia dilakukan berdasarkan Keppres 117/P/2019.

(Baca: Tiga Kementerian Baru dalam Kabinet Jokowi Periode Kedua)

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan empat Keppres tersebut. Kemudian, para menteri melakukan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Jokowi.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia pada UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada negara. Bahwa saya dalam melaksanakan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan dengan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab,” kata Jokowi diikuti para menteri.

Acara kemudian diakhiri dengan penandatanganan berita acara secara simbolis. Kemudian, Jokowi dan para tamu undangan yang hadir memberikan ucapan selamat kepada para menteri tersebut.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...