IMF Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok Anjlok di Bawah 6% pada 2020

Agustiyanti
21 Oktober 2019, 14:52
IMF
ANTARA FOTO/REUTERS/JASON LEE
Ilustrasi. Pertumbuhan ekonomi Tiongkok diperkirakan melambat pada tahun depan, meski pertumbuhan ekonomi global diperkirakan IMF akan membaik.

International Monetary Fund (IMF) memproyeksi pertumbuhan ekonomi Tiongkok pada tahun depan akan melambat hingga di bawah 6%, meski ekonomi global diramal membaik.

Dalam laporan World Economic Outlook yang dirilis IMF pada bulan ini, pertumbuhan ekonomi Tiongkok pada tahun ini diproyeksi akan melambat dari tahun lalu sebesar 6,6% menjadi 6,1%. Tahun depan, ekonomi Tiongkok diperkirakan akan kembali melambat menjadi 5,8%.

"Ekonomi tiongkok diperkirakan melambat, melanjutkan tren perlambatan sebelumnya yang dimulai beberapa tahun lalu," ujar Wakil Direktur Pelaksana IMF Tao Zhang, seperti dikutip dari CNBC, Senin (21/10).

Ia melanjutkan, perlambatan ekonomi pada Tiongkok terjadi lantaran berbagai tekanan, mulai dari perang dagang dengan Amerika Serikat, masalah geopolitik, hingga ketidakpastian di seluruh dunia.

(Baca: Tiongkok Sebut AS Harus Batalkan Tarif untuk Capai Kesepakatan Dagang)

Kendati melambat, Zhang menyebut tingkat pertumbuhan ekonomi Tiongkok pada tahun depan masuk akan. Ia mengingatkan, Tiongkok tengah merestrukturisasi perekonomiannya untuk dapat tumbuh berkelanjutan. Hal ini berarti, Negara Tembok Raksasa ini akan mengurangi ketergantungan pada utang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan fokus pada konsumsi domestik.

Pada Jumat pekan lalu, Tiongkok menyebut, ekonomi mereka tumbuh 6% pada kuartal ketiga tahun ini, paling lambat sejak kuartal kedua 1992.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...