Tiongkok Sebut AS Harus Batalkan Tarif untuk Capai Kesepakatan Dagang

Agustiyanti
18 Oktober 2019, 08:17
tiongkok, amerika serikat, perang dagang
Dilok Klaisataporn/123RF.com
Ilustrasi. Tiongkok menekankan bahwa AS harus menghapuskan tarif agar kedua negara mencapai kesepakatan dan mengakhiri perang dagang.

Tiongkok menekankan bahwa Amerika Serikat (AS) harus menghapuskan tarif agar kedua negara mencapai kesepakatan dan mengakhiri perang dagang.

"Posisi, prinsip, dan tujuan Tiongkok dalam negosiasi perdagangan tidak pernah berubah, " kata Juru Bicara Gao Said di Jakarta, Jumat (18/10).

Advertisement

Ia menyebut tujuan utama kedua belah pihak untuk negosiasi adalah mengakhiri perang dagang dan membatalkan semua tarif tambahan. "Ini bagus untuk Tiongkok, AS, dan dunia," kata dia.

(Baca: Hubungan Memanas, Diplomat Tiongkok di AS Kini Wajib Lapor)

Kedua negara raksasa ekonomi telah terlibat dalam sengketa perdagangan selama lebih dari satu tahun ini dengan masing-masing negara saling menerapkan tarif barang senilai miliaran dolar.

Putaran terakhir pembicaraan perdagangan antara dua ekonomi terbesar dunia berakhir akhir pekan lalu di Washington DC. Setelah pertemuan itu, AS mengatakan akan menunda kenaikan tarif barang-barang Tiongkok yang seharusnya mulai berlaku pada Selasa pekan ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement