Menhub Mengaku Banyak Investor Asing Minati Bandara Singkawang

Agatha Olivia Victoria
7 Oktober 2019, 15:34
menteri perhubungan budi karya
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Perhubungan Budi Karya menyebut sedikitnya terdapat 10 investor asing yang berminat pada proyek pembangunan Bandara Singkawang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut banyak investor asing yang berminat untuk berinvestasi pada proyek pembangunan Bandara Singkawang, Kalimantan Barat. Proyek tersebut saat ini tengah ditawarkan pemerintah untuk dikerjasamakan dengan swasta melalui skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

"Sudah lebih dari 10 bahkan 20 kalau asing. Saya surprise sekali. Itu ada Singapura, Perancis, Kanada, Korea Selatan, Jepang, dan Tiongkok," ujar Budi di Kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Jakarta, Senin (7/10).

Ia menjelaskan, peran investor asing dalam kerja sama ini sangat penting. Hal ini, menurut dia, sesuai dengan amanat presiden agar para menteri untuk melibatkan seluruh pihak swasta dalam pembangunan infrastruktur.

"Pak Presiden secara khusus mengingatkan kami, berikan kesempatan swasta dan  asing untuk masuk ke industri prasarana perhubungan. Kompetensi dan modal yang dimiliki swasta sangat diperlukan pemerintah untuk pembangunan infrastruktur yang begitu banyak," kata dia. 

(Baca: Studi Lanjutan Bandara Singkawang Ditargetkan Rampung Agustus)

Pemerintah sebelumnya menargetkan bandara ini dapat beroperasi pada 2023.  Pembangunan bandara ini diproyeksi membutuhkan investasi mencapai Rp 4,3 triliun, terdiri dari biaya pembangunan bandara Rp 1,7 triliun dan operasional bandara Rp 2,6 triliun dengan masa konsesi 36 tahun. 

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...