Gerindra Minta PDIP Ikhlas Berikan Kursi Ketua MPR kepada Muzani

Saat ini, PDIP yang menjadi partai koalisi pemerintah sudah mendapatkan kursi Ketua DPR dengan menempatkan Puan Maharani.
Dimas Jarot Bayu
Oleh Dimas Jarot Bayu
3 Oktober 2019, 16:06
MPR, PDIP, DPR
ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT
Ilustrasi sidang MPR. Saat ini, PDIP yang menjadi partai koalisi pemerintah sudah mendapatkan kursi Ketua DPR dengan menempatkan Puan Maharani.

Partai Gerindra meminta keikhlasan PDIP sebagai partai pemenang Pemilu 2019 untuk bersedia menyerahkan kursi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) kepada pihaknya. Gerindra beralasan, saat ini mereka merupakan salah satu partai non-koalisi pemerintah.

Ketua Fraksi Gerindra di MPR Ahmad Riza Patria menilai, penyerahan kursi Ketua MPR kepada Gerindra perlu untuk menyeimbangkan posisi pemerintah. Saat ini, PDIP yang menjadi partai koalisi pemerintah sudah mendapatkan kursi Ketua DPR dengan menempatkan Puan Maharani.

“Kehadiran Pak Ahmad Muzani diharapkan memberikan keseimbangan baru dalam ketatanegaraan kita, dalam politik kita,” kata Riza di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (3/10).

(Baca: Ambisi Jadi Ketua MPR, Fadel Muhammad Sudah Lobi Empat Partai)

Riza menilai PDIP dapat meniru Demokrat saat menjadi pemenang Pemilu 2009 lalu. Ketika itu, Demokrat sebenarnya berhak untuk mendapatkan kursi Ketua MPR.

Hanya saja, Demokrat memberikan posisi tersebut kepada PDIP yang menjadi partai oposisi. Adapun, PDIP pada 2009 mengajukan Taufik Kiemas sebagai Ketua MPR.

“Saya kira itu juga jadi rekonsiliasi nasional kita, bagian dari check and balance, bagian dari demokrasi,” kata dia.

Saat ini, PDIP mengusung Ahmad Muzani sebagai calon Ketua MPR. Meski demikian, belum ada partai lain yang secara terbuka mendukung Muzani.

(Baca: Gerindra Sebut Incar Posisi Ketua MPR demi Seimbangkan Pemerintah)

Sementara itu, PDIP bersama Golkar, PPP, PKB, dan Nasdem telah menyatakan dukungannya agar Bambang Soesatyo menjadi Ketua MPR. Adapun, partai yang hingga saat ini belum menyatakan dukungannya, yakni PAN, PKS, dan Demokrat.

Riza mengatakan, pihaknya saat ini terus melobi partai lainnya agar Muzani dapat menduduki kursi Ketua MPR. Dia optimistis Muzani akan mendapatkan dukungan, khususnya dari PKS, PAN, dan Demokrat.

“Ya kan masih ada partai lain, ada PKS,  PAN, Demokrat, bahkan partai koalisi pemerintah,” ungkap Riza.

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti

Video Pilihan

Artikel Terkait