Darmin Klaim Demonstrasi Mahasiswa Tak Akan Berimbas ke Pasar Keuangan

Dimas Jarot Bayu
24 September 2019, 12:12
darmin nasution, ruu
Arief Kamaludin (Katadata)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebut pemerintah telah memenuhi permintaan mahasiswa untuk menunda pengesahan sejumlah RUU.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memastikan demonstrasi besar-besaran oleh mahasiswa tak akan berimbas ke pasar keuangan domestik. Pasalnya, pemerintah telah memenuhi tuntutan mahasiswa.

Menurut Darmin, pemerintah mengusulkan penundaan pengesahan rancangan aturan yang dianggap bermasalah ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), seperti revisi Kitab Undang-Uundang Hukum Pidana (RKUHP), revisi UU Pertanahan, revisi UU Minerba, RUU Pemasyarakatan. “Pemerintah sudah mengambil langkah mengusulkan ke DPR menunda pembahasan sejumlah UU. Masalahnya kan di situ,” kata Darmin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (24/9).

Advertisement

 (Baca: Hari Ini, Ribuan Mahasiswa Kembali Gelar Demonstrasi di Depan DPR)

Dengan adanya langkah pemerintah tersebut, Darmin meyakini para pelaku pasar akan tetap tenang. Dia pun meminta masyarakat tidak khawatir dengan demonstrasi yang terjadi saat ini. 

“Jadi jangan dibilang enggak ada langkah pemerintah,” kata Darmin.

Sebagai informasi, ribuan mahasiswa bakal kembali menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Selasa (24/9). Mereka menuntut sejumlah revisi aturan yang bermasalah dibatalkan. 

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement