Hari Ini, Ribuan Mahasiswa Kembali Gelar Demonstrasi di Depan DPR

Dimas Jarot Bayu
24 September 2019, 11:05
mahasiswa demonstrasi, dpr
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Aksi demonstrasi mahasiswa di depan gedung DPR/MPR RI, Jakarta (23/9).  Para mahasiswa tersebut rencananya akan kembali menggelar demo pada hari ini (24/9).

Ribuan mahasiswa bakal kembali menggelar demonstrasi di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Selasa (24/9). Mereka masih akan menuntut agar berbagai revisi aturan yang bermasalah dibatalkan.

Beberapa aturan tersebut, yakni revisi Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP), RUU KPK, RUU Pertanahan, RUU Ketenagakerjaan. Kemudian, RUU Minerba, RUU Pemasyarakatan, dan RUU Sumber Daya Air (SDA).

Advertisement

 "Mahasiswa yang akan mengikuti demonstrasi datang dari Bandung, Bogor, Yogyakarta, Semarang, Solo dan Lampung," kata Presiden Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), Muhamad Nurdiansyah, saat menggelar konferensi pers di Monumen 12 Mei Trisakti, Jakarta, Senin (23/9). 

Dalam tuntutannya, mahasiswa juga mendesak segera disahkannya RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS), serta mengadili para elite yang bertanggung jawab atas kerusakan lingkungan.

(Baca: Tolak RKUHP dan UU KPK, Mahasiswa Terobos Pagar dan Menginap di DPR)

Massa pada unjuk rasa hari ini rencananya bakal lebih besar dibandingkan kemarin. Mereka yang hadir tak hanya berasal dari Jakarta, tetapi juga daerah lain.

Perwakilan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Trisakti Jakarta, Edmund Seko menyebut setidaknya 1.000 orang mahasiswa Trisakti akan turun ke jalan pada hari ini.  "Paling kurang 1.000 mahasiswa akan turun ke jalan untuk mengikuti aksi ini. Kami akan melakukan 'long march' dari kampus ke DPR," ujar Edmund, seperti dikutip dari Antara.

 

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement