BI Rajin Pangkas Bunga Acuan, Peta Deposito Lima Bank Terbesar Berubah

BI sepanjang tahun ini telah memangkas suku bunga acuannya mencapai 0,75%.
Image title
Oleh Agustiyanti
21 September 2019, 17:42
bunga bi.
Donang Wahyu|KATADATA
Ilustrasi. Sepanjang tahun ini, BI telah memangkas bunga tiga kali atau sebesar 0,75%.

Bank Indonesia (BI) kembali memangkas bunga acuan pada bulan ini sebesar 0,25%. Sepanjang tahun ini, BI telah memangkas bunga tiga kali atau sebesar 0,75%.

Berdasarkan data indikator likuiditas yang dirilis LPS pada bulan ini,  rata-rata bunga deposito pada akhir Agustus turun sebesar 0,13% dibanding bulan sebelumnya menjadi 5,95%. Jika dihitung sepanjang tahun ini, rata-rata bunga deposito benchmark LPS tersebut hanya turun 0,2%.

Lalu bagaimana dengan bunga deposito bank?

Dari kelima bank terbesar di Tanah Air, bunga deposito paling tinggi ditawarkan oleh Bank CIMB Niaga yang masih mencapai kisaran 6,5% hingga 6,75%. Bunga 6,5% diberikan untuk simpanan jangka waktu 1 bulan dan 3 bulan, sedangkan 6,75% diberikan untuk simpanan jangka waktu 6 bulan dan 12 bulan.

(Baca: BI Harap Bank Segera Turunkan Bunga Kredit)

Sementara empat bank besar lainnya, rata-rata menawarkan bunga deposito pada kisaran 4% hingga 5%.

Bank Mandiri misalnya, menawarkan bunga deposito pada kisaran 4,25% hingga 5,5%. Bunga deposito paling rendah diberikan untuk simpanan di bawah Rp 1 miliar dengan tenor 1 bulan dan 12 bulan, sedangkan bunga paling tingi diberikan untuk seluruh simpanan dengan tenor 3 bulan.

Senada, BNI juga menawarkan bunga deposito pada kisaran 4,25% hingga 5,5%. Bunga paling rendah diberikan untuk simpanan di bawah Rp 1 miliar dengan jangka waktu 1 bulan, sedangkan bunga paling tinggi diberikan untuk seluruh simpanan tenor 3 bulan.

(Baca: BI Turunkan Uang Muka KPR untuk Rumah Kedua dan Seterusnya)

Kemudian BRI, menetapkan bunga deposito berkisar antara 4,75% hingga 5,75%. Bunga deposito untuk tenor 1 bulan ditetapkan paling rendah sebesar 4,75%, sedangkan bunga sebesar 5,75% diberikan untuk simpanan di atas Rp 100 juta untuk tenor 3 tahun.

Sementara itu, BCA menetapkan bunga deposito berkisar 5% hingga 5,25%. Bunga 5% diberikan untuk simpanan di bawah Rp 2 miliar untuk seluruh tenor, serta simpanan di atas Rp 2 miliar untuk tenor 1 bulan dan 3 bulan. Sementara bunga sebesar 5,25% diberikan untuk simpanan di atas Rp 2 miliar dengan jangka waktu lebih panjang.

Editor: Agustiyanti

Video Pilihan

Artikel Terkait