Pertamina Gandeng Hutama Karya dan CPP Garap Pipa RDMP Balikpapan

Image title
17 September 2019, 18:27
pertamina, pipa pertamina
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi. Kerja sama antara PT Pertamina dengan PT Hutama Karya dan China Petroleum Pipeline Engineering Co Ltd (CPP), meliputi pembangunan Submarine-Pipe Line sebesar 52 Inch yang merupakan pipa terbesar yang akan dibangun oleh Pertamina.

PT Pertamina menandatangani kontrak kerja sama dengan PT Hutama Karya dan China Petroleum Pipeline Engineering Co Ltd (CPP) guna membangun Engineering, Procurement and Construction (EPC) Lawe-Lawe Facilities untuk Refinery Development Master Plan (RDMP), RU V Balikpapan. Nilai kontak kerja sama ini mencapai US$ 262 juta.

Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina Ignatius Tallulembang menyampaikan, kerja sama tersebut meliputi pembangunan Submarine-Pipe Line sebesar 52 Inch yang merupakan pipa terbesar yang akan dibangun oleh Pertamina.

Pembangunan, antara lain mencakup, pipa di offshore dengan diameter 52 inch sepanjang 13,8 km dan berdiameter 20 inch sepanjang 4,5 km. Selain itu, akan dibangun juga pipa onshore berdiameter 52 inch sepanjang 6,5 km dan diameter 20 inch sepanjang 14,4 km.

(Baca: Kembangkan Kilang Balikpapan, Pertamina Jajaki Utang hingga Rp 91 T)

Lebih lanjut, menurut Tallulembang,  kontrak kerjasama ini juga mencakup pembangunan 1 unit Single Point Mooring kapasitas 350.000 DWT dan pembangunan 2 unit tanki berkapasitas 1 juta barel guna meningkatkan kapasitas crude intake untuk Kilang Balikpapan.

“Setelah penandatanganan ini hal yang dilakukan selanjutnya adalah mobilisasi dan tahapan engineering,” ujarnya seperti dikutip berdasarkan keterangan tertulis, Selasa (17/9).

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...