Wapres JK Sebut Kereta Cepat Bakal Jadi Saingan Maskapai Pesawat

Agustiyanti
13 September 2019, 14:19
wapres jusuf kalla
Katadata | Arief Kamaludin
Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut waktu tempuh jalur darat di Pulau Jawa menggunakan kereta cepat nantinya tak akan jauh berbeda dengan pesawat terbang.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, sistem transportasi kereta cepat akan menjadi pesaing baru bagi maskapai penerbangan. Pasalnya, waktu tempuh perjalanan darat di Pulau Jawa tak akan jauh berbeda dengan perjalanan udara.

"Akhirnya nanti akan terjadi persaingan antara kereta dan pesawat, jadi bukan lagi persaingan antara Garuda dengan Lion, dan semua persaingan akan memperbaiki services," kata Wapres JK saat membuka Pameran Indotrans Expo di JCC Senayan Jakarta, Jumat.

Advertisement

Ia memberikan gambaran, apabila proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya selesai, maka waktu tempuh untuk menuju Surabaya dari Jakarta hanya lima jam. Sementara jika menggunakan pesawat terbang, penumpang akan menghabiskan waktu serupa mulai dari persiapan menuju bandara, check-in, waktu tempuh, hingga menunggu pengambilan bagasi.

"Kalau Surabaya-Jakarta sudah lima jam, nanti tiga atau empat tahun ke depan, maka akan sama waktu yang dipakai untuk naik pesawat. Anda naik di Gambir, tiba di Pasar Turi itu lima jam, persis," jelas dia.

(Baca: RI Pastikan Garap Proyek Kereta Cepat Jakarta Surabaya dengan Jepang)

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement