BI Proyeksi Penjualan Eceran Meningkat Bulan Lalu

Agatha Olivia Victoria
10 September 2019, 15:30
penjualan eceran
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi. BI memperkirakan penjualan ritel pada Agustus 2019 meningkat.

Survei Bank Indonesia (BI) memperkirakan penjualan ritel atau eceran pada Agustus 2019 meningkat. Peningkatan penjualan terutama terjadi pada kelompok suku cadang dan aksesoris, serta makanan, minuman, dan tembakau. 

Berdasarkan survei yang dipublikasikan pada Selasa (10/9), kenaikan penjualan ritel terindikasi dari perkiraan pertumbuhan  Indeks Penjualan Riil (IPR) pada Agustus 2019 yang meningkat menjadi 3,7% secara tahunan. Angka itu  tumbuh lebih tinggi dari 2,4% pada bulan sebelumnya.

Advertisement

Peningkatan terutama pada penjualan kelompok suku cadang dan aksesori yang tercatat tumbuh 25,1% secara tahunan. Selain itu, penjualan kelompok makanan, minuman dan tembakau dan kelompok peralatan informasi dan komunikasi juga membaik dengan masing-masing kelompok tercatat tumbuh 3,8% dan negatif 0,7%.

(Baca: Penyebab 33 Perusahaan Tiongkok Tak Pilih Investasi ke Indonesia)

Kenaikan penjualan terjadi di sebagian besar kota, dengan peningkatan tertinggi di Banjarmasin dan Makassar. Adapun kenaikan penjualan tersebut sejalan dengan faktor musiman berupa maraknya promosi dan diskon penjualan menyambut perayaan hari raya kemerdekaan.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement