Gubernur Anies Resmikan Menara Pertama Hunian DP Nol Rupiah

Agustiyanti
31 Agustus 2019, 21:12
anies baswedan.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan tower pertama program rumah dengan uang muka (downpayment/DP) nol rupiah pada Sabtu (31/8).

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan tower pertama program rumah dengan uang muka (downpayment/DP) nol rupiah pada Sabtu (31/8). Tower yang dinamakan Samawa ini berada di lokasi hunian Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

"Hari ini kita menyaksikan sebuah menara yang nantinya akan dihuni oleh masyarakat yang mereka terlibat dalam program Rumah DP nol rupiah," ujar Anies di Jakarta, Sabtu (31/8).

Advertisement

Peresmian tersebut ditandai dengan serah terima kunci secara simbolis kepada 50 calon penghuni yang akan memasuki hunian tahap pertama. Proses serah terima kunci dilakukan dengan menggunakan aplikasi khusus berbasis android.

Aplikasi tersebut berisi daftar cek (check list) serah terima segala kelengkapan unit yang harus diterima penghuni dari pengembang. Dengan adanya aplikasi yang beroperasi melalui gawai ini, para penghuni nantinya dapat dengan mudah melaporkan jika ternyata kerusakan dari unit yang diterima, yaitu cukup difoto lalu dikirim melalui aplikasi tersebut.

 (Baca: Pertumbuhan Kredit Kendaraan Bermotor Makin Anjlok pada Juli 2019)

"Lalu kepada masyarakat yang hari ini sudah terima kunci, mulailah tinggal di tempat ini. Kenapa diberi nama Samawa? Nama itu membawa pesan bahwa yang bisa mengikuti program ini adalah mereka yang sudah menikah," tutur Anies.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Kelik Indriyanto menambahkan Program Samawa ini adalah upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengatasi masalah kepemilikan rumah, melalui fasilitasi pembiayaan kepemilikan dengan skema DP nol rupiah.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement