Moeldoko Sebut Jokowi Bakal Temui Para Tokoh Papua

Kondisi Papua disebut berangsur membaik setelah langkah-langkah taktik yang dilakukan oleh Panglima TNI dan juga Kapolri.
Image title
31 Agustus 2019, 13:56
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, papua
Antara
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan Presiden Joko Widodo akan bertemu dengan para tokoh Papua dalam waktu dekat.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan Presiden Joko Widodo akan bertemu dengan para tokoh Papua dalam waktu dekat guna menyelesaikan kerusuhan yang terjadi di Papua saat ini.

"Karena pak Jokowi sangat dekat dengan teman-teman tokoh pemuda, tokoh agama, dan tokoh masyarakat Papua. Jadi pasti akan bertemu," ujar Moeldoko di Belitung, Sabtu (31/8).

Ia mengatakan, kini kondisi Papua berangsur membaik setelah langkah-langkah taktik dilakukan oleh Panglima TNI dan juga Kapolri dalam menangani persoalan yang terjadi di sana. Ia meminta semua pihak tak terpancing emosi dan tetap menyikapi dengan kepala dingin atas kejadian tersebut.

(Baca: Mensos Akan Beri Bantuan untuk Korban Kerusuhan Papua)

Advertisement

Sikap emosional, kata dia, dikhawatirkan akan memunculkan persoalan baru, sehingga nantinya akan menguntungkan bagi para aktor dibalik kerusuhan yang terjadi saat ini.

"Persoalan baru tersebut bisa muncul dari penangan yang tergesa-gesa dan egois. Sehingga para aktor-aktor dibelakangnya mengharapkan kondisi seperti itu, jadi kita tidak boleh terpancing," katanya.

 (Baca: Pasca Kerusuhan, Sistem Kelistrikan di Jayapura Mulai Pulih Kembali)

Ia mengakui ada keinginan dari sebagian masyarakat untuk melakukan tindakan yang lebih tegas lagi atas peristiwa tersebut. Namun, ia  kembali minta semua pihak tak mudah terpancing emosi sehingga memunculkan persoalan baru yang lebih besar dan hanya akan menghabiskan energi saja.

"Bagi TNI/Polri melakukan tindakan tegas tidak terlalu sulit. Tetapi yang cukup sulit adalah mengendalikan emosi agar semuanya tertata dengan baik," katanya.

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait