Trump Tegaskan Kenaikan Tarif Barang Tiongkok Tetap Berlaku Besok

Agustiyanti
31 Agustus 2019, 10:39
presiden as donald trump, perang dagang
REUTERS/Kevin Lamarque/ANTARA FOTO
Presiden AS Donald Trump menegaskan tak akan menunda kenaikan tarif pada barang-barang Tiongkok yang akan dilakukan mulai Minggu (1/9).

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyebut tim negosiasi perdagangan AS dan Tiongkok terus berkomunikasi dan akan bertemu pada September mendatang. Namun, ia menegaskan tak akan menunda kenaikan tarif pada barang-barang Tiongkok yang akan dilakukan mulai Minggu (1/9).

Trump juga mengatakan pembicaraan perdagangan telah membuat Beijing lebih terkendali dalam menanggapi demonstrasi di Hong Kong.

Perang tarif antara dua ekonomi terbesar dunia saat ini melibatkan ratusan miliar dolar barang-barang masing-masing negara dan mengancam pertumbuhan ekonomi global. Ketidakpastian tentang kapan atau bagaimana perselisihan itu bisa berakhir, telah mengguncang pasar dan rencana investasi jangka panjang perusahaan.

(Baca: Dampak Perang Dagang, Google Pindahkan Pabrik Ponsel dari Tiongkok )

"Kami akan memenangkan pertarungan. Kami melakukan percakapan dengan Tiongkok, pertemuan dijadwalkan, panggilan sedang dilakukan. Saya kira pertemuan pada bulan September terus berlangsung, belum dibatalkan," kata Trump kepada wartawan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...