Pidato Kenegaraan, Jokowi Ingatkan Ancaman Perang Dagang hingga Siber

Michael Reily
16 Agustus 2019, 12:34
jokowi, pidato kenegaraan, perang dagang
ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Presiden Joko Widodo saat menghadiri Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Dalam pidato kenegaraannya, Jokowi mengingatkan ancaman perang dagang hingga perang siber bagi Indonesia.

Presiden Joko Widodo menyebut globalisasi yang terus berkembang tak hanya menciptakan kemudahan, tetapi juga persaingan dan ancaman bagi Indonesia. Di tengah arus globalisasi saat ini, Indonesia menghadapi persaingan tajam dengan negara lain, ancaman perang dagang yang memanas hingga perang siber.

"Persaingan kini semakin tajam dan perang dagang semakin memanas. Antar negara berebut investasi, berebut teknologi, berebut pasar, dan orang-orang pintar," ujar Jokowi dalam Pidato Kenegaraan di depan sidang bersama DPD dan DPR RI, Jakarta, Jumat (16/8).

(Baca: Ada Perang Dagang, Jokowi Ingin Pusat Perbelanjaan Diisi Produk Lokal)

Oleh karena itu, menurut dia, Indonesia harus banyak berbenah untuk dapat memenangkan persaingan di tengah arus globalisasi saat ini.

"Tidak ada pilihan lain, kita harus berubah. Tidak cukup hanya lebih baik dari sebelumnya, tetapi harus lebih baik dari yang lain," jelas dia.

Ia menegaskan Indonesia harus lebih cepat dan lebih baik dari negara lain. Untuk itu, diperlukan lompatan-lompatan terutama dalam bidang perizinan dan investasi.

Halaman:
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...