Impor Daging Kerbau, Bulog Tunggu Kelonggaran dari Pemerintah India

Rizky Alika
23 April 2020, 14:55
bulog, impor daging, impor daging kerbau, pangan
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Ilustrasi. Perum Bulog telah mengantongi kuota impor daging kerbau sebanyak 20 ribu ton.

Perum Bulog tengah menunggu kemungkinan relaksasi dari pemerintah India untuk melaksanakan impor daging Kerbau dari India. Ini lantaran negara importir daging tersebut tengah melakukan karantina atau lockdown untuk mencegah penyebaran virus corona. 

"Kalau akan diberi kemudahan, kami menunggu konfirmasi dari industri pengolahan di India. Semoga segera bisa mengirim daging bekunya," kata Direktur Operasional Bulog Tri Wahyudi Saleh kepada Katadata.co.id, Kamis (23/4).

Pemerintah saat ini tengah berkoordinasi dengan pemerintah India untuk mendapatkan relaksasi pengiriman daging kerbau. Koordinasi dilakukan oleh Menteri Luar Negeri RI dengan Menteri Luar Negeri India.

Sekretaris Perusahaan Perum Bulog Awaludin Iqbal mengatakan, pihaknya hingga kini belum menerima informasi terkait kemudahan importasi daging kerbau. "Informasi yang kami terima bahwa supplier sudah diizinkan beroperasi, tapi terkendala logistik pengiriman yang belum normal," ujar dia.

(Baca: Masuk Masa Panen Raya, Pemerintah Jamin Stok Beras Aman)

Bulog saat ini telah melakukan tender dan menentukan supplier. Dengan demikian, importasi dapat segera dilakukan bila proses impor dibuka oleh Negara Bollywood tersebut.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...